Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Dua Tipe Lexus LS 500 Resmi Hadir di Indonesia

Lexus Indonesia hanya menghadirkan dua tipe terbaiknya, yaitu LS 500 dan LS 500h (hybrid). Keduanya merupakan tipe teratas dalam line-up LS 500, karena Lexus menilai konsumen premium Indonesia selalu menginginkan kendaraan terbaik atau tipe tertinggi. Sayang, Lexus Indonesia masih bungkam soal harganya.

BestCar Indonesia – Penantian konsumen sedan premium di Indonesia akhirnya  terjawab, setelah Lexus Indonesia secara resmi memastikan kehadiran Lexus LS 500 mulai awal Februari 2018 ini. Lexus Indonesia optimistis hadirnya LS 500 yang menyandang predikat “The Long Awaited Lexus Flagship” akan menjadi sedan premium terbaik di pasar otomotif Tanah Air dengan semua fitur unggulan yang tersedia. Namun, sejauh ini belum ada informasi resmi soal harganya.

Lexus Indonesia menghadirkan dua tipe terbaiknya, yaitu LS 500 dan LS 500h (hybrid). Keduanya merupakan tipe teratas dalam line-up LS 500. “Sengaja kami memilih dua tipe terbaik saja untuk memenuhi kebutuhan konsumen premium Indonesia yang selalu menginginkan kendaraan terbaik atau tipe tertinggi,” ungkap General Manager Lexus Indonesia, Adrian Tirtadjaja.

Menurut Adrian, setelah melakukan debut di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS 2017) yang merupakan kemunculan pertama di Asia, maka masuknya Lexus LS 500 ke pasar Indonesia menjadi jawaban atas penantian masyarakat terhadap kendaraan sedan premium terbaik. “Kehadiran Lexus LS 500 telah memberikan definisi baru dalam tatanan kendaraan ultra luxury. Dengan perubahan yang signifikan melalui konsep Function into Emotion, Performance into Passion, dan Technology into Imagination, Lexus LS 500 merupakan jawaban atas penantian selama 12 tahun. Saya yakin ini merupakan kabar baik bagi mereka yang sudah mencapai tahapan ‘life celebration’,” ujarnya.

Setiap detil pada sedan Lexus LS 500 sangat memperhatikan kesempurnaan dengan seluruh ornamen yang melekat telah banyak mengalami pengembangan dibanding generasi sebelumnya, yaitu Lexus LS 460L yang diluncurkan pada tahun 2006. Kemunculan sedan Lexus LS 500 telah mendapatkan banyak pujian dari para pecinta mobil mewah dunia berkat nuansa kemewahan yang sangat kental, keberanian desain, hadirnya fitur-fitur baru berteknologi tinggi serta performa yang sangat mempesona lewat mesin baru 3.5 L V6 Turbocharged plus transmisi otomatis 10-speed yang pertama di kelasnya. Tak heran sedan mewah Lexus ini menyandang predikat “The Long Awaited Lexus Flagship”.

Emosional, inovasi yang melebihi ekspektasi, serta eksklusif. Inilah nilai-nilai yang dihadirkanoleh Lexus pada generasi terbaru Lexus LS 500 Full Model Change. Lexus LS 500 tidak hanya dianggap sebagai simbol kemewahan dari merek Lexus, tetapi juga merepresentasikan budaya dan tradisi negara asalnya, Jepang.

Seluruh detil dan ornamen yang melekat di tubuh Lexus LS 500 telah banyak mengalami pengembangan dibanding generasi sebelumnya. Hal tersebut semata-mata untuk menambah nilai kemewahan yang hanya mampu diberikan oleh Lexus. Pada Lexus LS 500, tim desain berhasil melakukan terobosan membuat siluet mobil menjadi lebih ramping dengan alur rendah. Ruang kabin juga lebih luas dengan nuansa mewah yang terbentang dari depan hingga ke belakang.

Spindle grille yang diadopsi oleh Lexus LS 500 memiliki struktur yang begitu unik dan kompleks. Bila dicermati, kisi-kisinya menyerupai pohon palem yang menghasilkan bentuk “L” dalam jumlah banyak. Lexus memang mengakui inspirasinya  didapat dari pohon palem di Indonesia. Untuk dapat menghasilkan pola tersebut, tim desain membutuhkan ketelitian dan kecermatan yang sangat tinggi. Mereka harus bekerja delapan jam setiap hari selama tiga setengah bulan, agar komputer dapat mengkalkulasi secara akurat jarak antar tiap lubang.

Dengan dimensi bodi 5.235 x 1.900 x 1.450, Lexus LS 500 mengadopsi desain four-door coupe, sangat berbeda dengan mobil sedan tradisional pada umumnya, yang menggunakan three-box design. Sedangkan untuk roda, Lexus LS 500 menggunakan velg berukuran 20 inci terbaru, dengan resonance chamber yang ikut berkontribusi dalam mengurangi getaran dan suara yang merambat ke kabin.

Bagian unik lainnya yang ditawarkan Lexus LS 500 adlah sistem buka-tutup bagasi yang tidak memerlukan sentuhan tangan, melainkan menggunakan sensor kaki yang ditaruh pada bagian bawah bumper belakang. Cara ini sangat memudahkan ketika pengemudi sedang membawa barang dengan jumlah yang banyak. Cukup mengangkat kaki ke arah bawah bumper, maka bagasi akan terbuka secara otomatis.

Interior dan Fitur

Di bagian dalam kabin, interior Lexus LS 500 mengadopsi konsep “progressive comfort” atau kenyamanan berlipat ganda. Lexus mengklaim, cita rasa kenyamanan ekstra dan karakterklasik Lexus membaur menjadi satu ke dalam kabin secara sempurna. Kesempurnaan tersebut tergambar dari pencahayaan interior yang mengekspresikan estetika unik Jepang.

Sementara dash grille yang terbentang di dashboard dengan garis-garis horizontal terinspirasi dari alat musik tradisional Jepang bernama ‘Koto’. Sentuhan artistik pada panel trim adalah ornament organic wood dan herringbone.

Organic Wood menggunakan bahan dasar kayu asli yang disusun sedemikian rupa menjadi lapisan yang sangat tipis. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi manufaktur Jepang, tim Lexus mampu menciptakan pola kayu natural yang tidak dapat ditemukan di alam. Pada proses akhir, ketika kayu menyatu dengan elemen logam, hasilnya tidak hanya memperkuat kesan mewah tetapi juga menghadirkan kesan progresif di sektor interior.

Sedan Lexus LS 500 melengkapi kehadirannya dengan resonator wheels terbaru berukuran 20inci dan legroom terluas di kelasnya. Juga dilengkapi oleh Motorized Rear Seat Entertainment System, 24 unit speaker Mark Levinson dengan 3D showering effect, Rear Seat Control Monitor, dan Quilted Seat with Semi Aniline Upholstery yang untuk pertama kalinya disajikan dalam jajaran kendaraan produksi Lexus. Selain itu, masih ada fitur Smart Air Suspension, multi-colored Head-up Display ukuran 24,4inci, dan All Seats Massage with Heat Function yang juga merupakan pertama kalinya di dunia.

Menurut Adrian, selain kelebihan tersebut sedan Lexus LS 500 juga mengandung nilai-nilai budaya yang hanya mampu diberikan oleh Lexus. “Selain kelebihan yang dimiliki, di balik kemewahan tersebut sedan Lexus LS 500 memiliki nilai-nilai omotenashi yang menyuguhkan keramahtamahan khas tradisi Jepang. Lexus sangat menjunjung tinggi budaya yang diwujudkan pada salah satunya, teknologi illumination yang terinspirasi dari lampu tradisional Jepang Andon,” paparnya.

Di balik bonnet panjangnya Lexus LS 500 mengusung dua pilihan mesin, yaitu bensin dan hybrid. Versi bensin menggunakan mesin baru 3.5L V6 Turbocharged yang dipadukan dengan transmisi 10-speed otomatis — pertama di kelasnya, menghasilkan power maksimal 415hp dan torsi 600Nm. Sedangkan dengan mesin hybrid terbaru, dapat menyemburkan tenaga hingga 356hp dengan torsi puncak 350Nm. Tentu saja, untuk menyalakan mesinnya Lexus LS 500 telah mengadopsi sistem tombol tekan start/stop engine yang diletakkan di sebelah kiri dekat setir kemudi, yang akan berkedip cepat saat pedal rem ditekan.

Varian hybrid LS 500h disebut-sebut merupakan Lexus tercanggih, karena menggunakan teknologi Lexus Multi Stage Hybrid System. Teknologi ini mampu memberikan performa terbaik dari mobil hybrid yang melaju kencang dan responsif. Meski begitu, Lexus tetap mengedepankan efisiensi emisi dan bahan bakar yang sudah teruji berkat hadirnya Lexus Hybrid Drive.

Bukan cuma itu, rancangan Lexus Global Architecture-Luxury juga menjamin mobil ini memiliki bobot yang ringan, sangat mendukung pengendaraan dinamis sedan mewah ini. Apalagi Lexus LS ini juga dibekali Lexus Dynamic Handling, yang membuat mobil akan selalu stabil baik dalam kecepatan tinggi maupun ketika proses pengereman.

Yang menarik, ada dua warna baru yang dikembangkan khusus untuk Lexus LS 500, yaitu “Manganese Luster” dan “Sonic Agate”. Mengusung tema “effect of element” Lexus menggunakan semua jenis elemen warna, tekstur material, proses penyelesaian tiga dimensi, serta pencahayaan dalam memodulasi bentuk interior dan eksterior. Tujuannya adalah untuk mengekpresikan keberagaman perspektif akan perubahan dramatis dalam hal bentuk dan rasa. “Manganese Luster” atau mangan yang berkilau mampu mempertegas bentuk lekukan dan garis indah pada tubuh mobil.

Juga terdapat warna interior baru lainnya yakni perpaduan crimson dan black yang menawan. Mobil ini juga dilengkapi moon roof pada bagian atap untuk menambah rasa kebebasan dan pencahayaan kabin yang lebih terang.

Kehadiran sedan Lexus LS 500 pada tahun 2018 dikatakan akan semakin melengkapi kesuksesan Lexus di pasar mobil premium Tanah Air yang telah dicapai oleh kendaraan Lexus tipe Sport Utility Vehicle (SUV) pada tahun 2017. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang tahun 2017 Lexus mendominasi penjualan mobil mewah melalui tipe SUV dengan mencatat penjualan sebanyak 1.188 unit.

Bahkan, Lexus RX 200t menjadi pemimpin pasar mobil premium dengan penjualan tertinggi sebanyak 975 unit, atau naik 52,82 persen dibandingkan dengan pencapaian tahun 2016. Kemudian disusul oleh penjualan Lexus NX 200 sebanyak 123 unit, serta Lexus LX 570 sebanyak 90 unit.

Sedan Lexus LS 500 merupakan penegasan mengenai kenyamanan dan kemewahan terbaik. Sepanjang tahun 2017, sedan mewah yang dipasarkanLexus Indonesia mencakup LS, GS, dan ES. “Sedan memiliki pasarnya tersendiri. Dan kami optimis masih terdapat konsumen kalangan eksekutif yang menginginkan sedan mewah yang bukan hanya indah, tetapi lebih kepada kenyamanan yang hampir tidak ada tandingannya. Untuk itu, kami berharap kehadiran Lexus LS 500 dapat membangkitkan gairah pasar sedan premium Tanah Air,” kata Adrian.

Teks: Yusran Hakim

SPESIFIKASI TEKNIS Lexus LS 500 & LS 500h

 

Dimension  
LxWxH (mm) 5.235×1.900×1450
Wheelbase (mm) 3125
Ground Clearance (mm) 139 (+20 mm with Height)
Curb Weight (kg) 2410-2760
Engine and Chassis  
Engine Type V35A-FTS / 8GR-FXS
Engine Configuration Turbo V6, 24 Valve DOHC with Dual VVT-i

and Hybrid V6, 24 Valve DOHC with Dual VVT-i

Displacement (cm3) 3445 / 3456
Max. Output (hp/rpm) 415 / 356
Max. Torque (Nm/rpm) 600 / 350
Transmission 10-Speed Automatic / Multi Stage Hybrid System
Drivetrain FR
Max. Speed (km/h) 250
Brake Type (Front & Rear) Ventilated Disc Brake
Suspension Smart Air Suspension
Spare Tire Ground Tire

 

Exterior  
Front Lighting System Tri-Dual Projector LED Headlamps
Rear Lighting System LED Rear Combination lamp
Rear Side View Mirrors Auto Retractable, Electro Chromic, Heated
Tires & Wheels 20” Resonator Wheels
Front Bumper New and Improved Spindle Grille Design
Interior  
Seating Capacity 2 Row – 5 Person/4Person
Front Seat Memory Driver + Passenger
Seat Cover Material Semi Aniline
Audio System Mark Levinson 3D Surround Audio with 24 Speakers
Front Monitor 12.3 Inch EMV
Drive Mode Select 6 Mode (Eco-Comfort-Normal-Custom-Sport – Sport +)
Wireless Charger Without
Dashboard Koto-Inspired Dash Grille
Interior Trim Organic Wood/Herringbone
Interior Light Andon-insipired Welcoming Ambient Light
Navigation System Lexus Navigation System (Indonesia GPS)
Sunroof Tilt & Slide Open Moon Roof
Air Circulation 4 Zone Auto Climate Concierge
Atmosphere Control Carbon Air Filtration and Nano-e Air Purification
Seat Heater/AC Front and Rear Seat Heater and Cooler
Seat Massage All Seat Massage Function (w/ Heat)
Rear Seat Monitor Rear Seat Control Monitor
Rear Seat Entertainment 11” Rear Seat Entertainment
Rear Seat Ottoman Powered Ottoman Rear Seat
Parking Assist Rear Camera + Sonar
Clock Panel Lexus Analog Clock
HUD 24,4 Inch HUD
Sift Control Shift-by-Wire
Speedometer Digital Speedometer
Speaker 24-Speakers Mark Levinson Audio System & Ceiling Speaker
Legroom Space 1.022 mm (Largest Legroom in Class)
Remote Touch Interface Include
Acoustic Glass Include
Seats Quilted Seat Upholstery
Safety  
Airbags 14 Airbags
Brake Feature ABS with Brake Assist
Vehicle Stability VDIM and VSC
Tire Run-Flat Tire

 

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *