Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
DFSK Glory 580 nantinya akan memakai brand Sokonindo Glory 580. Inilah SUV 7-seater bermesin bensin 1,5liter turbo yang disebut-sebut bakal jadi pesaing  Honda HR-V, ketika diluncurkan kuartal I tahun depan.

Dongfeng Sokon Resmikan Pabrik Rival SUV Jepang di Indonesia

Selain dirancang untuk memproduksi mobil SUV 7-seater Glory 580 yang disebut-sebut bakal menjadi pesaing SUV Jepang, sejak Mei lalu pabrik Sokonindo juga telah merakit merakit mobil pikap SuperCub bermesin diesel 1,3liter turbo dan mesin bensin 1,5liter. Sokonindo memang disiapkan akan menjadi basis produksi mobil Indonesia yang akan diekspor ke pasar Asia Tenggara dan seluruh dunia.

BestCar Indonesia –  Dongfeng Sokon meresmikan pabrik baru mereka di Indonesia yang terletak di Kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Propinsi Banten, Selasa (28/11-2017). Dengan demikian, pabrik baru PT Sokonindo Automobile (Sokonindo) itu secara resmi pula memulai produksi mobil-mobil merek SOKONINDO, termasuk untuk merakit SUV andalannya, Glory 580, yang akan dipasarkan awal tahun depan.

PT Sokonindo Automobile (Sokonindo) merupakan perusahaan di bidang manufaktur otomotif yang merupakan kerjasama (joint venture) antara Sokon Group Company Limited asal Hongkong dengan PT Kaisar Motorindo Industri asal Indonesia. Sebelumnya, Sokon Group telah memiliki kerjasama dengan Dongfeng Motor Corporation yang merupakan perusahaan otomotif milik pemerintah Cina dan memasarkan produk bermerek DFSK. Pabrik Sokonindo memiliki kapasitas produksi sebesar 50.000 unit per tahun.

DongfengSokonindo-3

Pabrik yang berada di lahan seluas 20 hektar dengan konsep “pabrik unggul” ini didirikan dengan tingkat otomatisasi tinggi. Semua proses penting dilakukan dengan lengan-lengan robot, mulai dari pencetakan plat baja (stamping), pengelasan (welding), pengecatan (painting), perakitan (assembling) serta proses kontrol kualitas (quality control). Selain akan memenuhi pasar otomotif Indonesia dengan produk-produk ‘mobil Cina’ berkualitas, Dongfeng Sokon juga menjadikan Indonesia sebagai salah satu basis produksi global mereka.

Menurut Co-Chief Executive Officer PT. Sokonindo Automobile, Alexander Barus, pabrik dengan luas lahan 20 hektare ini mulai dibangun pada 2015 dan selesai pada bulan Mei 2017. Dengan berbagai teknologi modern terkini yang dimilikinya, pabrik baru Sokonindo saat ini telah memulai proses produksi kendaraan. “Investasi yang sudah tertanam untuk pabrik sebesar 150 juta dolar AS (sekitar Rp 2 triliun lebih) dan rencananya investasi itu akan dikembangkan sampai 300 juta dolar AS (sekitar Rp 4 triliun  lebih) untuk pembangunan pabrik mesin berikutnya,” papar Alexander Barus dalam kata sambutannya.

Kapasitas produksi pabrik baru, lanjut Alexender, mencapai 50.000 unit per tahun, dengan tiga shift. Untuk tahun ini dan tahun depan, pabrik Sokonindo beroperasi hanya satu shift, dengan 415 karyawan (376 di antaranya tenaga kerja Indonesia) untuk memenuhi kapasitas 15.000 unit. “Kami berharap pada awal 2019 produksinya sudah bekerja dengan tiga shift, diawaki oleh sekitar 2.000 karyawan orang Indonesia. Jumlah (karyawan) ini merupakan 95 persen dari keseluruhan tenaga kerja kami nantinya. Angka tersebut belum termasuk sekitar 4.000 – 5.000 orang tenaga kerja yang akan terserap pada operasional mata rantai produksi dan distribusi, mulai dari para pemasok komponen kendaraan hingga ke jaringan dealer mobil-mobil kami,” paparnya.

DSFK Glory 580, nantinya akan memakai brand Sokonindo Glory 580. Inilah SUV 7-seater     bermesin bensin 1.5L turbocharged yang disebut-sebut bakalmenjadipesaing SUV Jepang seperti Honda HR-V dan Toyota All New Rush/Daihatsu All New Terios, ketika mulai diluncurkan pada kuartal I tahun depan.

DSFK Glory 580, nantinya akan memakai brand Sokonindo Glory 580. Inilah SUV 7-seater bermesin bensin 1.5L turbocharged yang disebut-sebut bakal menjadi pesaing SUV Jepang seperti Honda HR-V dan Toyota All New Rush/Daihatsu All New Terios, ketika mulai diluncurkan pada kuartal I tahun depan.

DSFK Supercub 1.3L Diesel

DSFK Super Cab 1.3L Diesel

Saat ini 90 persen dari tenaga kerja yang ada di pabrik merupakan karyawan Indonesia. Mereka secara terus menerus mendapatkan binaan dan pelatihan agar menjadi tenaga kerja yang mahir di bidang otomotif, tanpa meninggalkan kearifan budaya lokal. Target lainnya adalah untuk menempatkan generasi muda Indonesia pada posisi manajemen bidang manufaktur, teknologi, kualitas dan penjualan.

“Sebagai merek baru di Indonesia, fokus utama kami adalah pada produk yang kami buat. Dengan memiliki pabrik yang berteknologi tinggi, kami dapat memastikan kualitas produk-produk yang kami miliki. Ini merupakan ‘smart factory’ berstandar internasional dengan tingkat kepresisian tinggi sekaligus memiliki daya saing yang juga tinggi,” ujar Alexander Barus.

Deputy Chairman of The Board Sokon Industry Group, Zhang XingMing, mengungkapkan bahwa Indonesia merupakan bagian dari strategi global dan pasar utama Sokon di Asia Tenggara (ASEAN). Dari Indonesia, mereka akan mulai mengekspor ke ASEAN, dilanjutkan dengan negara-negara lain di dunia. “Indonesia merupakan pasar utama bagi Sokonindo, sehingga produk terbaru dengan teknologi terbaru di masa datang rencananya akan diperkenalkan di Indonesia untuk pertama kalinya,” timpal Franz Wang, Marketing Director PT Sokonindo Automobile.

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *