Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Disokong Hyundai dan KIA, Bus Listrik Arrival Asal Inggris Siap Diproduksi

Bus listrik ini terlihat sangat futuristik, tetapi foto yang Anda lihat bukan sekadar gambar render. Faktanya, perusahaan Inggris tersebut bahkan telah memulai pengujian prototipe beta Arrival Bus.

BestCar IndonesiaArrival, sebuah perusahaan otomotif kecil yang berbasis di Inggris, yang awal tahun ini mendapat suntikan € 100 juta (US$ 110 juta) dari Hyundai Motor Company dan Kia Motors Corporation, baru-baru ini mengungkapkan kendaraan listrik barunya: Arrival Bus.

Bus listrik ini terlihat sangat futuristik, tetapi foto yang Anda lihat bukan sekadar gambar render. Faktanya, perusahaan Inggris tersebut bahkan telah memulai pengujian prototipe beta Arrival Bus.

“Dirancang berdasarkan apa yang menjadi kebutuhan penumpang akan sebuah bus, Arrival Bus dilengkapi dengan fitur-fitur yang mengedepankan persepsi positif tentang transportasi umum dan menciptakan lingkungan yang membangkitkan rasa kelegaan ruang, kebersihan dan kesejahteraan dengan kesadaran tinggi akan kebersihan dan ruang pribadi.”

Sejauh ini banyak yang mengira bahwa Arrival hanya berfokus pada kendaraan komersial ringan, termasuk 10.000 van yang telah dipesan oleh perusahaan jasa ekspedisi internasional UPS. Tetapi dengan keberadaan bus listrik baru Arrival, tampaknya perusahaan microfactories asal Inggris itu juga mungkin akan menggarap pasar bus listrik secara global.

Arrival, yang saat ini memiliki lebih dari 1.000 karyawan global yang berlokasi di kantor-kantor di seluruh Amerika Serikat, Jerman, Belanda, Israel, Rusia dan Luksemburg, mengatakan bahwa pada tahun 2026 bermaksud untuk menyebarkan 1.000 microfactories secara global.

Menurut siaran pers dari Arrival, model microfactories yang mereka kembangkan akan mudah digunakan untuk menghasilkan kendaraan listrik (EV) yang sangat bisa disesuaikan secara lokal lewat penggunaan “teknologi perakitan unik”. Lewat keduanya, kendaraan komersial dan bus yang akan dirakit di lokasi-lokasi itu masih tetap dapat ditawarkan dengan “harga yang lebih baik bahkan pada volume rendah” dibandingkan kendaraan konvensional.

“Arrival Bus akan diproduksi di Microfactories lokal yang dirancang untuk mampu merakit semua kendaraan dari portofolio Arrival. Microfactories ini mendukung penciptaan produk khusus pasar dan akan meregenerasi ekonomi regional melalui penggunaan rantai pasokan lokal, retensi talenta dan pembayaran pajak daerah,” sebuat Arrival dalam siaran persnya baru-baru ini.

Kabarnya saat ini perusahaan sedang mengerjakan blok modular yang sederhana, seperti LEGO. Modul-modul tersebut kemudian akan dipasok ke jaringan Microfactories sesuai pesanan.

 

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *