Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Digelar 3-4 November, Indonesia Diecast Expo (IDE) ke-5 Semakin Besar

Digelar untuk kelima kalinya pada 3 – 4 November 2018 mendatang, event IDE 2018 kali ini akan dilangsungkan di Hall 8, Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang Selatan, dengan luas area pameran yang lebih besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya plus kehadiran para diecaster kondang Internasional.

BestCar Indonesia – Setelah menghadirkan kesuksesan dan kemeriahan dalam empat kali penyelenggaraan gelaran pameran diecast terbesar di Tanah Air, tahun ini gelaran Indonesia Diecast Expo (IDE) akan diselenggarakan untuk kelima kalinya pada 3 – 4 November 2018 mendatang. Yang lebih istimewa, event IDE 2018 kali ini akan dilangsungkan di Hall 8, Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang Selatan, dengan luas area pameran yang lebih besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya plus kehadiran para diecaster kondang Internasional.

Dengan luas total area hingga 5.000 meter persegi, tahun ini IDE didukung sepenuhnya oleh Shopee Indonesia sebagai sponsor utama: The 5th Shopee Indonesia Diecast Expo 2018. Dukungan platform digital Shopee Indonesia pada ajang IDE 2018 melalui ‘Shopee for Men’, diharapkan dapat menampilkan acara yang lebih dari sekadar ajang jual beli diecast, namun benar-benar menjadi gelaran dunia diecast terlengkap di Tanah Air dengan berbagai kegiatan yang menonjolkan aspek kreativitas khas komunitas, tanpa meninggalkan esensi utamanya yakni hiburan, pendidikan, dan kepedulian sosial.

“Tahun kelima penyelengaraan IDE menjadi salah satu pembuktian betapa dunia diecast di Indonesia adalah hal yang bukan main-main,” ujar Feldani Effendy, Public Relations dari IDE 2018. “Dari pertama kali diselengarakan pada tahun 2014, total transaksi yang terjadi terus meningkat. Karena itulah kami optimis tahun 2018 ini pasar diecast akan terus membesar dan membuat kami memutuskan untuk pindah ke lokasi penyelenggaraan yang lebih besar dan menghadirkan tamu-tamu istimewa dari dunia diecast internasional,” tambahnya.

Antusiasme pecinta diecast di Indonesia yang besar inilah yang menjadikan Shopee juga menilai dunia diecast memiliki potensi pasar yang besar. “Kategori diecast merupakan merupakan salah satu kategori yang semakin dinikmati oleh konsumen belanja online. Sebagai e-commerce yang ingin selalu berinovasi dan memberikan diferensiasi, berkolaborasi dengan Indonesia Diecast Expo 2018 ini merupakan momen yang tepat bagi Shopee untuk dapat berinteraksi langsung dengan para konsumen. Dengan belanja online yang sudah menjadi bagian dari gaya hidup pria, Shopee berharap menjadi platform yang memberikan lebih banyak pilihan berbelanja diecast dan koleksi lainnya,” ujar Rezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee Indonesia. “Melalui Shopee for Men, kami berusaha memenuhi preferensi para pengguna dan menghadirkan pengalaman belanja online yang praktis, lengkap dan berkualitas bagi pengguna pria di Shopee,” tambahnya.

 

Acara Makin Fantastis

Semakin besarnya penyelenggaraan The 5th Shopee IDE 2018 ini menjadikan penyelenggara memilih tema “Fantastic” sebagai penanda bahwa gelaran kali ini akan semakin fantastis dan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. “Tahun ini kami pastikan para pecinta diecast Indonesia akan mendapatkan pengalaman yang lebih seru di IDE 2018 dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. IDE 2018 tak sekadar menampilkan koleksi diecast, akan juga tampil mobil-mobil skala 1:1, lomba balap diecast, lomba custom diecast yang istimewa hingga ke acara eksklusif dengan salah satu diecaster terkemuka dari luar negeri,” ungkap Feldani.

Ya, seperti halnya tahun 2017 lalu, tahun ini juga akan diselenggarakan makan malam eksklusif bagi diecaster Tanah Air yang akan menampilkan bintang tamu terkenal di kalangan diecaster. Bekerjasama dengan International Datsun Diecast (IDD), IDE 2018 akan menyelenggarakan  “An Evening with Jun Imai” pada 3 November 2018 yang menampilkan mantan desainer dan Director of Product Design Hot Wheels (2004-2018), Jun Imai. Pria asal Jepang ini, terkenal di dunia diecast karena telah menciptakan model-model Hot Wheels yang menjadi incaran para kolektor di seluruh dunia, salah satunya adalah model Datsun Bluebird 510.

Selain menampilkan pelapak, komunitas dan kolektor diecast dari berbagai merek dan skala, The 5th Shopee IDE 2018 kali ini juga akan menampilkan kompetisi custom diecast yang lebih istimewa. Bekerja sama dengan Indonesia Modification Expo (IMX) yang digagas oleh National Modification and Aftermarket Association (NMAA), di ajang IDE 2018 kali ini akan diadakan dua kelas Custom Competition, yaitu kelas Custom Type-R yang akan menampilan diecast Honda Civic Type-R FK8 dengan skala 1:64 dari semua merek diecast, serta kelas Best Pro yang mempertarungkan kompetisi custom diecast skala 1:64 untuk semua jenis dan merek.

Yang menarik, khusus untuk kelas Custom Type-R, setelah dipilih 10 hasil custom terbaik di ajang IDE 2018 — pengumuman pemenang pertama akan dilakukan di ajang IMX 2018 pada tanggal 17-18 November 2018, dengan menampilkan sosok Honda Civic Type-R hasil custom dalam wujud mobil berskala asli atau 1:1. “Mewujudkan hasil custom sebuah diecast dalam wujud 1:1 menjadi apresiasi yang istimewa bagi para customizer diecast. Ini adalah untuk pertama kalinya dilakukan, dan menjadi sebuah benang merah yang nyata bahwa dunia diecast dan otomotif adalah sebuah kesatuan,” tegas Feldani.

Meski IDE telah didaulat oleh para kolektor dan komunitas diecast tanah air sebagai forum silaturahmi tatap muka tahunan terbesar di negeri ini, acara ini bukan semata milik para diecaster. Masyarakat umum yang ingin mengetahui lebih banyak tentang diecast, dapat mengetahui informasi seputar diecast dari kolektor dan komunitas yang menjadi peserta IDE 2018. Hanya dengan membeli tiket sebesar Rp. 50.000, pengunjung sudah bisa menikmati seluruh kemeriahan di ajang The 5th Shopee IDE 2018.

Sebagai sebuah tradisi yang dilakukan sejak IDE pertama, pada IDE 2018 kali ini juga akan mengumpulkan donasi dari para kolektor, komunitas, dan pengunjung yang hadir. Seluruh unsur pendukung IDE telah sepakat untuk senantiasa mendonasikan sebagian koleksinya untuk dilelang. Jumlah yang terkumpul akan disalurkan seluruhnya kepada yayasan yang telah ditunjuk pihak penyelenggara. Khusus untuk penyelenggaraan IDE 2018 kali ini, sumbangan yang terkumpul juga akan disumbangkan kepada para korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, serta korban gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

 

Teks dan Foto: Tito B. Setiawan

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *