Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Di Posisi Nomor 2 Nasional, Daihatsu Cetak Market Share 19,5% pada April 2022

Daihatsu tetap mempertahankan posisi nomor 2 penjualan otomotif nasional dengan raihan penjualan ritel hingga April 2022 sebanyak lebih dari 62 ribu unit atau naik 41,8% dari April 2021. Segmen LCGC yang masih didukung oleh Diskon PPnBM DTP LCGC menjadi andalan, dengan penjualan total (Ayla & Sigra) mencapai 5.428 unit pada bulan April 2022 atau naik 13% dibandingkan bulan sebelumnya.

BestCar Indonesia – Berakhirnya periode relaksasi PPnBM DTP di bulan April 2022 memberi dampak terhadap pasar otomotif Indonesia. Kendati demikian, dari sisi penjualan brand, Daihatsu tetap mempertahankan posisi nomor 2 penjualan otomotif nasional dengan raihan penjualan ritel hingga April 2022 sebanyak lebih dari 62 ribu unit atau naik 41,8% VS YTD April 2021. Pada sisi market share, Daihatsu juga mengalami kenaikan sebesar 2,4% menjadi 19,5% pada YTD April 2022 dibanding YTD April 2021 sebesar 17,1%, dan menjadi kenaikan market share tertinggi di antara brand lain pada periode ini.

Secara nasional, hingga April 2022, pasar otomotif hanya menorehkan catatan penjualan ritel sekitar 320 ribu unit atau naik 24% dibandingkan periode yang sama tahun 2021 lalu (sekitar 257 ribu unit). Sedangkan secara bulanan, pasar otomotif nasional sedikit mengalami koreksi pada April 2022 menjadi sekitar 81 ribu unit, atau turun sekitar 9% dibandingkan bulan Maret 2022 sekitar 89 ribu unit.

Dalam hal penjualan bulanan, segmen LCGC yang masih didukung oleh Diskon PPnBM DTP LCGC berdampak sangat positif terhadap Daihatsu. Tercatat pada bulan April 2022, penjualan LCGC Daihatsu secara total (Ayla & Sigra) mencapai 5.428 unit atau naik 13% dibandingkan Maret 2022 sebanyak 4.811 unit.

Sebagaimana diketahui, saat ini secara makro ekonomi terdapat 4 hal isu terkini yang juga dapat berdampak kepada harga sebuah produk, termasuk kendaraan. Di antaranya adalah kebijakan kenaikan suku bunga oleh The Fed sebesar +50 bps yang menyebabkan keluarnya arus modal dan depresiasi mata uang. Lalu isu Geopolitik: perang Rusia–Ukraina yang menghambat pertumbuhan ekonomi global. Lainnya adalah isu kenaikan harga bahan baku & komoditas yang berdampak pada kenaikan biaya di berbagai aspek; serta tindakan China melakukan Lockdown yang berdampak pada perlambatan perkonomiannya, menurunnya penjualan retail dan ekspor-impor, naiknya tingkat pengangguran, serta kelangkaan chip yang kemungkinan masih akan terjadi pada tahun ini.

Di tengah kondisi dari isu di atas, Daihatsu masih tetap berproduksi dengan normal dengan 2 shift, dan belum menaikkan harga. Sehingga, saat ini merupakan waktu yang tepat untuk membeli kendaraan Daihatsu. “Daihatsu bersyukur dapat tetap mempertahankan posisi nomor 2 penjualan otomotif nasional hingga April 2022 ini. Semoga pasar otomotif tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya, serta pelanggan juga dapat melakukan pembelian mobil Daihatsu di saat yang tepat seperti saat ini,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Kamis (19/05/2022).

 

Teks: Tito B. Setiawan

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *