Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

DFSK Sumbang Rp10 Miliar untuk Atasi Dampak Virus Corona di Wuhan

Donasi senilai Rp10 miliar yang diberikan kepada Federasi Amal Kota Shiyan, Provinsi Hubei, China ini ditujukan untuk pengangkutan bahan dan staf medis untuk memerangi pneumonia tipe baru tersebut.

BestCar Indonesia – Virus Corona hingga saat ini terus menjadi momok bagi masyarakat di China dan bahkan mulai berdampak secara global akibat persebarannya yang masif, sehingga menarik perhatian masyarakat global untuk bersama-sama menangani virus ini. Dongfeng Sokon Automobile Co., Ltd. (perusahaan induk DFSK) juga tidak ketinggalan untuk aktif membantu mengentasi virus Corona yang kini paling parah menginfeksi kota Wuhan di China.

Sebagai langkah awal mengambil bagian membantu melawan virus Corona, perusahaan otomotif terkemuka di China itu menyumbangkan unit Glory 580 dan Glory ix5  senilai CHY5 juta (atau senilai Rp10 miliar) kepada Federasi Amal Kota Shiyan, Provinsi Hubei, China. Donasi ini ditujukan untuk pengangkutan bahan dan staf medis untuk memerangi pneumonia tipe baru tersebut. Pemerintah, instansi kesehatan, dan seluruh masyarakat di China kini sedang memastikan keselamatan serta keamanan masyarakat untuk membantu masyarakat yang terkena virus Corona.

Pemilihan Glory 580 dan Glory ix5 sudah teruji secara kualitas di tataran global dan memiliki kemampuan yang baik dalam menunjang mobilitas penumpang dengan barang bawaan yang cukup banyak. DFSK percaya kendaraan ini akan memainkan peran yang kuat dalam pertempuran antara manusia dan virus epidemi itu.

DFSK sebagai sebuah perusahaan profesional juga menjunjung nilai-nilai kemanusiaan dan ikut bertanggung jawab berperan aktif dalam berbagai kegiatan sosial. Semangat ini juga diwariskan kepada anak perusahaan mereka, termasuk DFSK, dalam mengembangkan bisnis serta berusaha di berbagai negara yang sedang dikembangkannya. Seperti bencana gempa Lombok dan tsunami Palu, DFSK ikut turut aktif memberikan bantuan berupa sumbangan kendaraan yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan mobilitas.

“Kami ingin menyampaikan rasa simpati yang mendalam terhadap kejadian wabah virus Corona yang banyak menginfeksi masyarakat di China, dan berharap kejadian ini bisa segera diatasi dengan baik dan cepat,” ungkap Major Qin, Head of Marketing PT Sokonindo Automobile.

Unit Glory 580 dan Glory ix5 senilai CHY5 juta (atau senilai Rp1 miliar) yang disumbangkan oleh DFSK ditujukan untuk pengangkutan bahan dan staf medis untuk memerangi pneumonia tipe baru tersebut.

Pabrikan Mobil di China Terkena Dampak

Selain itu, Major menyampaikan, penyebaran Virus Corona dari China tidak sampai mengganggu produksi kendaraan-kendaraan DFSK di Indonesia. Proses produksi kendaraan DFSK di Indonesia masih berjalan seperti biasa dan sesuai dengan jadwal. “Kami berusaha untuk selalu memberikan kendaraan dan pelayanan terbaik kepada konsumen di Indonesia. Produksi di Pabrik DFSK yang berlokasi di Cikande, Serang, Banten tetap beroperasi seperti normal menghasilkan kendaraan-kendaraan berkualitas seperti DFSK Super Cab, DFSK Glory 580, dan DFSK Glory 560,” papar Major.

Seperti diketahui, sebagian besar – jika tidak semua — pabrikan mobil menarik para karyawannya dari China dan mempertimbangkan apakah akan menunda produksi mobil di negara itu, karena virus Corona yang muncul di kota Wuhan kurang dari sebulan yang lalu telah berdampak ke seluruh China Daratan. Sebagian besar pembuat mobil besar membatasi atau melarang perjalanan ke negara itu akibat penyakit yang menyebar cepat, telah merenggut setidaknya 150 nyawa di Tiongkok dan membuat sekitar 3.000 orang lainnya terinfeksi di seluruh dunia.

Pabrikan mobil yang tercatat beroperasi di Wuhan antara lain GM, Honda dan Nissan, yang saat ini memiliki fasilitas dalam pembangunan dengan Dongfeng yang berbasis di Wuhan.

Honda Motor dan PSA Group dilaporkan telah menarik para karyawannya yang bekerja di sekitar Wuhan, sebuah kota berpenduduk 11 juta orang. Seorang juru bicara Honda mengkonfirmasi bahwa 30 “rekan dan keluarga mereka” yang bekerja di pabrik dekat Wuhan sedang dikirim pulang ke Jepang.

Sementara PSA Group mengatakan kepada CNBC, bahwa keputusan untuk memulangkan karyawannya yang bekerja di Wuhan akan dilakukan “sesuai dengan usulan pemerintah Prancis dalam kerja sama penuh dengan otoritas Cina.” Pertengahan minggu ini, juru bicara perusahaan Pierre-Olivier Salmon mengatakan.

Nissan juga berencana untuk menarik sebagian besar karyawan dan anggota keluarga mereka dari wilayah Wuhan untuk kembali ke Jepang, seperti dilaporkan CNBC pada hari Senin lalu.

“Kami memperhatikan kesehatan dan keselamatan karyawan dan keluarga mereka dengan serius,” kata seorang juru bicara Nissan dalam sebuah pernyataan yang dikirim melalui email kepada CNBC. Namun ia menolak untuk berkomentar langsung tentang rencana penarikan. “Kami secara hati-hati mengevaluasi situasi epidemi di Wuhan dan negara itu, dan terus memberi informasi kepada karyawan kami serta menyediakan semua dukungan yang diperlukan dan alat pencegahan.”

Toyota Motor pada hari Senin lalu juga telah menerapkan pembatasan perjalanan ke China “sampai pemberitahuan lebih lanjut,” menurut juru bicara perusahaan Eric Booth. Dia mengatakan bahwa pabrikan mobil asal Jepang itu “akan terus memantau situasi.” “Toyota sendiri tidak mengoperasikan pabrik di China, sehingga tidak harus mengekstraksi karyawan dari negeri itu, seperti yang dilakukan oleh pabrikan mobil lain,” katanya.

General Motors (GM), yang sejauh ini merupakan pembuat mobil AS terbesar di China, menurut juru bicaranya belum memutuskan apakah akan memperpanjang penghentian kerja di China setelah 2 Februari ini, terutama di pabrik perakitan di Wuhan yang mempekerjakan sekitar 6.000 pekerja. GM sendiri mengoperasikan 15 pabrik perakitan dengan mitra China di negara ini.

“Karena sangat berhati-hati, GM telah membatasi perjalanan sementara ke China,” kata perusahaan itu. “Karyawan juga diingatkan untuk mengambil tindakan perlindungan yang diperlukan yang disarankan oleh otoritas medis. GM akan terus memonitor situasi ini dengan cermat.”

 

Teks: Tito B. Setiawan

 

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *