Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Dalam 10 Hari, 35 Unit Wuling Almaz Laku di Bandung

Hanya dalam waktu 10 hari sejak diluncurkan pada 1 Maret lalu, pesanan SUV 5-seater Wuling di kota Bandung telah mencapai 35 unit. Antusiasme konsumen terhadap Wuling Almaz ini tak lepas dari keberhasilan MPV Wuling Confero dan Cortez yang telah terlebih dulu menembus pasar otomotif di Kota Kembang.

BestCar Indonesia – Respon masyarakat di kota Bandung dan sekitarnya terhadap SUV pendatang baru, Wuling Almaz, rupanya cukup tinggi. Hanya dalam waktu 10 hari sejak diluncurkan pada 1 Maret lalu, pesanan SUV 5-seater Wuling di kota Bandung telah mencapai 35 unit. Antusiasme konsumen terhadap Wuling Almaz ini tak lepas dari keberhasilan MPV Wuling Confero dan Cortez yang telah terlebih dulu menembus pasar otomotif di Kota Kembang.

Untuk kota Bandung dan sekitarnya, SUV pertama Wuling yang dipasarkan di Indonesia ini dibanderol Rp 324,8 juta (on-the-road, Bandung). Harga untuk wilayah Bandung ini hanya berselisih Rp 6 juta lebih mahal dibanding harga jual di Jakarta yang dipatok sebesar Rp 318,8 juta (OTR. Jakarta).

“Sejujurnya, kami juga surprise dengan respon masyarakat terhadap Almaz. Bahkan sebelum resmi diluncurkan di Bandung, banyak masyarakat yang bertanya ke kami, kapan SUV diluncurkan. Bagaimanapun, ini bukti bahwa peran pemberitaan di media maupun informasi di media sosial sangat berpengaruh,” kata Branch Manager diler Wuling Suci Bandung, R Reza Ramadhan, saat ditemui di sela acara test drive Wuling Almaz, di Bandung, Senin (11/3/2019).

Selain itu, lanjut Reza, faktor yang tak kalah berperan dalam penetrasi pasar SUV Wuling ini adalah mulai terbentuknya persepsi positif masyarakat terhadap merek Wuling setelah dilucurkannya MPV Wuling Confero dan Cortez. Kepercayaan masyarakat yang semakin menguat ini tentu saja tak lepas dari upaya Wuling Motors untuk mewujudkan komitmennya membangun pabrik dan jaringan diler (layanan penjualan dan purna jual).

“Masyarakat melihat keseriusan Wuling melalui bukti ketersediaan layanan purna jual dan suku cadang, bukan sekadar jualan saja. Di diler Suci Bandung ini misalnya, penjualan MPV Wuling, baik Confero maupun Cortez, jumlahnya telah mencapai ratusan unit dan trennya terus meningkat. Maaf saya lupa angka persisnya, tetapi dengan semakin banyaknya penjualan ini menjadikan merek Wuling semakin dikenal,” ungkap Reza.

Tentu, dukungan kualitas maupun fitur yang dimiliki serta harga yang dipatok sangat kompetitif juga berperan mengubah persepsi masyarakat terhadap brand Wuling. Kepercayaan ini, menurut Reza, cukup banyak ditularkan dari mulut ke mulut di antara masyarakat. “Referensi dari teman atau kerabat yang telah membeli WWuling juga ikut menentukan keputusan pembelian berbagai model Wuling, termasuk untuk Almaz ini. Bahkan ada yang melakukan repeat order, yaitu orang yang sebelumnya membeli Confero atau Cortez lalu beli Almaz,” papar Reza.

Secara terpisah, Brand Manager Wuling Motors Indonesia, Dian Asamahani, juga mengakui adanya peningkatan persepsi masyarakat atau brand awareness Wuling seiring dengan meningkatnya penjualan produk-produk Wuling. Sejak pertama kali diluncurkan pada Juli 2017 hingga akhir tahun itu, MPV Wuling Confero dan Cortez mampu terjual hingga 5.000 unit. Sebuah capaian yang tergolong luar biasa untuk sebuah brand baru di Indonesia. Lalu sepanjang 2018, data wholesales (distribusi dari pabrik ke diler) dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan angka penjualan Wuling telah mencapai 17.002 unit, dan penjualan dari diler ke konsumen (ritel) sebanyak 15.162 unit.

“Secara nasional di segmen passanger vehicle (kendaraan penumpang), Wuling menempati urutan ke-9 dalam 10 besar. Khusus Almaz, sejak diperkenalkan pada 23 Januari sampai 27 Februari lalu sudah terpesan 1.000 unit lebih. Semua angka-angka tersebut menunjukkan bahwa tren kepercayaan masyarakat terhadap brand Wuling terus meningkat,” ungkap Dian saat ditemui di sela grand launching Wuling Almaz di Jakarta, akhir Februari lalu.

 

Teks & Foto: Tito B. Setiawan

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *