Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Daimler Luncurkan Perangkat Pemantau Armada ‘FleetBoard Indonesia’

Memiliki berbagai fitur yang berorientasi pada efisiensi biaya operasional, sistem pengelolaan armada yang komprehensif ‘FleetBoard Indonesia’ menyediakan laporan yang akurat dan real-time untuk pengembangan strategi bisnis yang efektif.

BestCar Indonesia – PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), agen tunggal penjualan kendaraan niaga Mercedes-Benz di Indonesia, Selasa (12/02/2019) memperkenalkan ‘FleetBoard Indonesia’, sebuah sistem pengelolaan armada komprehensif untuk memastikan pengoperasian kendaraan niaga Mercedes-Benz lebih efisien dan produktif.

“FleetBoard Indonesia didesain khusus untuk mendukung pelanggan kami agar dapat menjalankan bisnis mereka dengan lebih mudah dan efisien. FleetBoard Indonesia menyediakan laporan yang akurat dan real-time bagi para pelanggan, agar mereka dapat menyusun strategi yang paling efektif untuk pertumbuhan bisnisnya,” ungkap Marketing Director Truck Indonesia DCVI, Maximilian Knorr dalam acara peluncuran Fleetboard Indonesia di Green House Arena, Jakarta, Selasa (12/02/2019).

Karena dirancang untuk mendukung pertumbuhan bisnis transportasi pelanggan, lanjuta Knorr, FleetBoard Indonesia menawarkan berbagai fitur yang dapat dimonitor langsung, karena sistem ini memanfaatkan jaringan GSM untuk mengirim data dari kendaraan ke komputer pemantau. Di antaranya adalah Vehicle Tracking and Track Player dan 3 rd Party System Integration.

Seperti namanya, fitur Vehicle Tracking and Track Player berfungsi melacak keberadaaan unit. DCVI sendiri telah bekerjasama dengan Google Maps untuk menyediakan data. “Perangkat ini bisa diakses melalui website, dan tentu saja bisa juga diakses melalui smartphone. Tampilannya di smartphone juga tidak menyusahkan, karena sudah disesuaikan,” ungkap M. Ikhsan Satriawinandi, Product Management and Bodybuilder Support DCVI.

Sistem ini juga diklaim amat fleksibel terhadap penambahan perangkat lain yang mendukung manajemen armada yang efisien dan maksimal. FleetBoard Indonesia, kata Maximilian Knorr, juga menjadi pelengkap bagi sistem manajemen pemeliharaan armada yang tersedia saat ini, melalui berbagai fitur yang disematkan seperti Fuel Monitoring and Fuel Theft Warning, Engine Operation Monitoring and Hourmeter, Service Interval and Periodical Administration Reminder, Eco Driving Evaluation, dan bahkan Geofencing yang berfungsi mengatur jalur yang harus dilewati.

Fuel Monitoring and Fuel Theft Warning misalnya, mengizinkan pemantauan konsumsi bahan bakar serta mengidentifikasi jika terjadi tindak pencurian. “Jika di jalan terjadi pengurangan bahan bakar secara tiba-tiba, sistem akan langsung mengirimkan notifikasi,” terang Knorr.

Sementara fitur Engine Operation Monitoring and Hourmeter akan membantu pengguna sistem mendapatkan informasi terkait kendaraan, seperti keaktifan unit, putaran dan suhu mesin, kecepatan dan odometer, termasuk juga usia mesin yang didasari dari lamanya mesin menyala. Bukan cuma itu, sistem juga secara otomatis akan memberikan peringatan bila kendaraan sudah memasuki masa perawatan atau pengurusan surat-surat, melalui fitur Service Interval and Periodical Administration Reminder.

Peranti telematik Fleetboard Indonesia ini bahkan memungkinkan untuk memantau gaya menyetir pengemudi armada, melalui fitur Eco Driving Evaluation. Fitur ini mampu mencatat dan memperlihatkan ‘rekaman’ bagaimana pijakan pedal gas dan rem, putaran kemudi dan lain-lain, yang nantinya diberikan kepada konsumen dalam bentuk laporan evaluasi.

Kendati memanfaatkan jaringan GSM untuk mengirim data, DCVI menjamin tidak ada celah bagi pengemudi untuk menyalahgunakan fitur-fitur tersebut, misalnya ketika melewati area yang tak ada sinyal. Soalnya, secara otomatis perangkat menyimpan seluruh informasi, yang nantinya dikirimkan ketika sudah mendapatkan koneksi. “Semua fitur-fitur ini mendukung manajemen pengoperasian kendaraan niaga Mercedes-Benz yang efisien dan berkesinambungan, yang berujung pada penghematan biaya operasional serta pertumbuhan bisnis pelanggan,” ujar Knorr.

Sejauh ini peranti telematik Fleetboard Indonesia ini masih dijual terpisah oleh dealer resmi kendaraan niaga Mercedes-Benz di Indonesia, namun dengan dukungan garansi penuh dari PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI). Bagi konsumen yang tertarik untuk mengaplikasikan, DCVI menawarkan beberapa paket yang disesuaikan dengan model produk, meski sejauh ini DCVI belum mengungkapkan harganya. Maximilian Knorr hanya menyatakan pihaknya memberikan berbagai keuntungan bagi konsumen bahwa Fleetboard Indonesia, berupa garansi perangkat dan gratis berlangganan selama 1 tahun, gratis biaya jasa teknisi vendor, biaya transportasi, dan akomodasi teknisi vendor khusus untuk pembelian di pulau Jawa. “Kami juga menyediakan call center yang siap membantu konsumen yang ingin berkonsultasi. Untuk pemasangan di Pulau Jawa kami bebaskan biayanya,” ujarnya.

Yang jelas, lanjut Maximilian Knorr, peluncuran FleetBoard Indonesia membuktikan komitmen DCVI dalam mendukung pertumbuhan Indonesia dan pelanggan kendaraan niaga Mercedes-Benz. “Kami berharap dapat melihat pertumbuhan bisnis pelanggan kami lebih besar lagi, menyusul meningkatnya ekonomi yang signifikan di sektor transportasi barang, infrastruktur, dan transportasi jalan raya,” pungkasnya.

 

Teks: Tito B. Setiawan

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *