Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Daihatsu Rocky Meluncur, Mesin 1000cc Turbo Seharga Rp214,2 – Rp236,1 Juta

Merupakan produk Daihatsu pertama di Indonesia yang mengusung platform terbaru DNGA (Daihatsu New Global Architecture), Rocky memperkenalkan tren baru SUV kompak 5-seater dengan mesin kompak 3-silinder 1.0 liter turbocharged dan fitur A.S.A (Advanced Safety Assist) yang merupakan fitur keselamatan (safety) spesial tertinggi di kelasnya. Daihatsu Rocky ditawarkan dalam 5 tipe, dengan harga mulai dari Rp214.200.000 hingga Rp236.100.000.

BestCar Indonesia – Setelah sekian lama, SUV kompak 5-seater Daihatsu Rocky akhirnya resmi diperkenalkan secara virtual di Indonesia pada Jumat, 30 April 2021 melalui kanal Youtube ‘Daihatsu Sahabatku’. Mengusung mesin bensin 3-silinder 1.0 liter yang dilengkapi turbocharger, Daihatsu Rocky ditawarkan dalam 5 tipe yang tersedia di semua outlet Daihatsu di seluruh Indonesia dengan harga mulai dari Rp214.200.000 hingga Rp236.100.000.

Rocky adalah produk Daihatsu pertama di Indonesia yang mengusung platform terbaru DNGA (Daihatsu New Global Architecture), yang dikembangkan dengan konsep: Kualitas Tinggi dengan Harga Terjangkau, Teknologi Terkini, serta memperhatikan hingga ke detail terkecil seperti ukuran, berat, harga, dan waktu, untuk menghasilkan kendaraan yang lebih efisien. “Daihatsu Rocky adalah produk kolaborasi ke-5 dari Daihatsu & Toyota. Seperti kolaborasi sebelumnya, produk ini diproduksi di pabrik PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Research and Development ADM juga terlibat dalam pengembangannya, sehingga Rocky cocok dengan pasar Indonesia,” ujar Toshinori Edamoto, President Director PT ADM.

Mengikuti trend SUV global yang kini tengah digemari banyak orang, Daihatsu Rocky didesain sebagai mobil kompak SUV berkapasitas 5 penumpang dengan desain stylish dan modern yang diklaim sangat cocok serta nyaman dikendarai pada berbagai kondisi jalan.

Dimensi Daihatsu Rocky terbilang sangat kompak, dengan panjang total hanya 4.030mm, lebar 1.710mm, dan tinggi 1.635mm. Meski begitu, Rocky tetap terlihat proporsional berkat wheelbase yang mencapai 2.525 mm dan ground clearance setinggi 200mm. Dimensi kompak merupakan jawaban atas kebutuhan kendaraan perkotaan yang lincah bergerak di tengah kepadatan jalan, mudah bermanuver di jalan atau area parkir yang sempit, serta pas disimpan di carport rumah yang terbatas. Semua itu merupakan tipikal kebutuhan komunitas urban yang aktif dan dinamis, sebagai segmen pasar utama Daihatsu Rocky. Nama Rocky sendiri dipilih karena menggambarkan jiwa muda yang tangguh dan kuat.

 

Varian, Warna, dan Harga

Di pasar nasional, Daihatsu Rocky 1.0L Turbo ditawarkan dalam dua varian yaitu RTC dan RTC A.S.A, yang terbagi menjadi 5 tipe berbeda. Seluruh varian Rocky 1.0L Turbo memiliki opsi warna bodi two-tone yang unik dan atraktif serta velg alloy 17inci, dan opsi warna mono-tone atau single-tone sebagai pilihan. Ada dua warna pilihan untuk varian two-tone, yaitu Compagno Red two-tone dan Ichi White two-tone. Sementara untuk varian mono-tone tersedia dalam 6 pilihan warna, yaitu Compagno Red, Classic Silverr Metallic, Dark Grey Metallic, Ultra Black Solid, Shining Pearl While, dan Yellow Metallic.

Masing-masing varian dan tipe kini tersedia di semua outlet Daihatsu di seluruh Indonesia, dengan harga mulai dari Rp214.200.000 hingga Rp236.100.000. Dan, Daihatsu juga menyediakan unit test drive bagi mereka yang ingin mencoba performa Daihatsu Rocky.

Eksterior dan Interior

Pada sisi eksterior, kesan sebuah SUV yang sporty dan atraktif tampak dari aplikasi bumper trapezoidal tebal dan kokoh disertai sudut yang menyiku tajam dan agresif di depan. Mulai dari headlamp, daytime running lght (DRL), dan Sequential Turn Lamp, semuanya telah menggunakan LED yang membantu visibilitas di samping bernuansa masa depan sekaligus berkelas. Sematan fitur-fitur di atas merupakan bukti bahwa Daihatsu Rocky merupakan pemuncak trend di kelasnya berkat penggunaan teknologi canggih dan modern. Rocky dilengkapi dengan fitur canggih terkini, seperti Auto retractable mirror dan Key Free.

Di bagian bawah, Daihatsu Rocky memiliki desain sepatbor kokoh khas SUV dan velg besar 17 inci. Naik ke atap, perhatian langsung tertuju ke modern two-tone roof yang merupakan kombinasi warna hitam dan warna lainnya pada semua tipe, memberi tampilan yang unik dan memikat ditambah memberi kesan floating roof. Penampilan sebuah SUV yang unik dan modern terus berlanjut ke belakang, bahkan terlihat kian sporty berkat sepasang lubang udara besar di bumper.

Selaras eksterior, desain interior Daihatsu Rocky juga tampak sporty, modern, dan unik, serta terkesan memanjakan penghuni kabin. Di bagian interior, dashboard Rocky didesain layaknya cockpit, yang memberikan kesan modern. Untuk memberikan informasi pendukung berkendara, meter cluster Rocky juga didesain menggunakan teknologi Full Digital pada MID berukuran 7 inci TFT dengan display interaktif dan modern. Penggunanya dapat mengubah tampilan MID dalam 4 opsi display yang dapat dipilih sesuai dengan style dan selera, yaitu Advanced, Exciting, Simple, dan Analog.

Secara keseluruhan, panel instrumen di dashboard Daihatsu Rocky dirancang untuk memastikan bidang pandang yang lapang dari bangku pengemudi serta ditambah elemen operasional panel instrumen menghadap ke sisi pengemudi. Sementara tuas transmisi diposisikan sedemikian rupa, sehingga dapat dengan mudah dioperasikan. Dengan begitu, pengemudi dapat berkonsentrasi penuh dan melakukan olah kemudi dengan baik.

Desain interior yang stylish dan modern di dalam kabin Rocky diperkaya oleh fitur terkini seperti AC dengan display digital untuk mempermudah pengoperasian dan Head Unit Interactive berukuran 9 inci yang menyajikan media hiburan luas sebagai teman perjalanan. Mengusung gaya floating design, Interactive 9 Inch Head Unit yang memiliki banyak menu unik ini terkoneksi dengan smartphone/smart device.

Meski kemudinya hanya menganut sistem tilt steering (bisa diatur naik-turun ketinggiannya), namun telah dibekali fitur pengaturan phone & audio steering switch pada lingkar kemudi. O ya, selain telah dilengkapi tombol start/stop untuk menyalakan dan mematikan mesin, terdapat juga charger buat handphone atau gadget lainnya di bangku baris pertama.

Secara keseluruhan, kabin Daihatsu Rocky didesain lega dan nyaman dengan bangku belakang berkonfigurasi 60 : 40 yang bisa dilipat dan reclining. Penumpang tidak akan kesulitan masuk ke dalam kabin, dengan posisi duduk di depan yang pas. Jarak antar bangku depan dan belakang sejauh 900mm menyajikan ruang kaki yang luas bagi penumpang belakang.

Sebagai sebuah SUV 5-seater, ruang bagasi Daihatsu Rocky terbilang lega, dengan volume sekitar 370 liter dalam kondisi normal. Ketinggian dek bagasi yang terdiri dari dua tingkat luggage board juga dapat diatur, untuk memudahkan akses dan memberikan pilihan daya angkut yang maksimal. Apalagi didukung oleh bangku belakang yang dapat dilipat rata ke depan, untuk menghasilkan kapasitas bagasi yang lapang.

Sejumlah tempat penyimpanan juga dapat Anda temui di seluruh kabin Daihatsu Rocky, dari depan hingga belakang. Di kursi depan terdapat console storage, sementara console box dengan desain modern ditempatkan antara dua kursi depan. Masih di bagian depan, ada pula cup holder lipat yang ditempatkan di bawah kisi-kisi AC di dashboard bagian penumpang depan. Lalu pada masing-masing trim pintu disediakan pula door pocket bottle holder untuk menyimpang botol minuman. Dan terakhir, tersedia asbak yang ditempatkan di bawah kursi

 

Fitur-Fitur Advanced

Sederet fitur yang tergolong advanced telah diadopsi oleh Daihatsu Rocky. Di antaranya Rear Combi Lamp yang ada di seluruh tipe, Auto Retractable Mirror Convenient yang akan melipat spion samping secara otomatis ketika pintu dikunci. Lalu ada pula fitur Smart Entry with Push Start Button, Keyless Car Door, dan Start Engine Button yang tersedia di semua tipe.

Untuk memberikan informasi pendukung berkendara, terpasang MID ukuran 7 inci TFT dengan display interaktif dan modern, dimana penggunanya dapat mengubah tampilan MID dalam 4 opsi display, yaitu Advanced, Exciting, Simple, dan Analog. Selain itu, diperkaya pula oleh fitur terkini seperti AC dengan display digital untuk mempermudah pengoperasian dan Head Unit Interactive berukuran 9 inci yang menyajikan media hiburan luas sebagai teman perjalanan. Mengusung gaya floating design, Interactive 9 Inch Head Unit yang memiliki banyak menu unik ini terkoneksi dengan smartphone/smart device.

Yang paling menarik, tentu saja fitur A.S.A (Advanced Safty Assist) yang merupakan fitur keselamatan (safety) spesial tertinggi di kelasnya, dan hanya tersedia pada Daihatsu Rocky tipe 1.0 R TC A.S.A. Fitur advanced ini berusaha memberikan dukungan penuh pada pengemudi untuk mengawasi kondisi sekitar dari potensi bahaya dan sigap memberikan peringatan dini. Jika dirasa penting, sistem akan berperan aktif mencegah kecelakaan dengan melakukan koreksi, seperti memutar kemudi atau melakukan pengereman untuk menghindar dari kecelakaan fatal.

Teknologi A.S.A sebetulnya terdiri dari beberapa fitur, yaitu: Pre-Collision System (PCS) yang mengandalkan sensor radar dan kamera untuk mendeteksi keberadaan obyek di depan mobil. Jika sistem melihat adanya kemungkinan tabrakan, PCS akan memperingatkan pengemudi sehingga dapat melakukan manuver menghindar. Bahkan, di saat genting andai tabrakan tidak mungkin dielakkan, sistem akan melakukan pengereman secara otomatis untuk menghindari kecelakaan.

Lalu system Adaptive Cruise Control (ACC) yang merupakan pengembangan dari fitur cruise control. ACC dapat memantau keberadaan kendaraan lain di depan dan menjaga jarak aman dengannya. Memanfaatkan kamera di depan, ACC dapat memperhitungkan dimensi kendaraan di depan dengan baik, termasuk membaca marka jalan. Apabila ada mobil lain masuk ke jalur di depan secara tiba-tiba, sistem secara otomatis akan mengurangi kecepatan atau bahkan melakukan pengereman jika dirasa jaraknya sudah tidak aman.

Sistem penunjang berikutnya adalah Lane Departure Alert (LDA) with Steering Control yang juga mengandalkan sensor kamera untuk membaca marka jalan, baik yang berwarna putih maupun kuning. Untuk selanjutnya memberikan peringatan jika terjadi deviasi atau pergerakan mobil yang menjauh dari posisi seharusnya. Di titik kritis, misalnya ketika pengemudi mengalami microsleep dan mobil menjauh dari jalur, LDA akan mengoreksi posisi kemudi ke posisi normal.

Kemudian sistem Rear Cross Traffic Allert (RCTA) dan Blind Spot Monitor (BSM) yang mendeteksi kendaraan atau obyek lain yang mendekat menggunakan sensor radar, untuk selanjutnya memperingatkan pengemudi dengan suara dan konfirmasi visual. Fitur ini bekerja sebagai ‘mata’ tambahan bagi pengemudi di area blind spot atau tidak terlihat untuk menghindari kecelakaan.

Dan terakhir fitur Pedal Missoperation Control (PMC), yang memungkinkan pengaturan fungsi untuk mengurangi jumlah kecelakaan yang disebabkan oleh kesalahan penerapan pedal akselerator atau pedal gas dengan mengendalikan kecepatan mobil walaupun tidak ada penghalang. Sistem akan menyalakan alarm peringatan dan membatasi distribusi tenaga sehingga laju mobil tertahan saat diyakini ada kesalahan dalam menekan pedal gas, terutama ketika pedal gas diinjak habis padahal dideteksi tidak ada kebutuhan untuk itu guna mereduksi potensi kecelakaan serius.

 

Performa Mesin 1.0L Turbo

Daihatsu Rocky hadir perdana dengan mesin bensin 3-silinder berkapasitas 1.0 liter yang dilengkapi dengan turbocharger, yang diklaim mampu menghasilkan performa dan akselerasi layaknya mesin dengan kapasitas lebih besar. Mesin kecil 3-silinder ini mampu meletupkan tenaga hingga 98 PS pada 6.000rpm dan torsi puncak menembus 140Nm pada 2.400-4.000rpm.

Keunggulan dari mesin turbo yakni daya dorong besar ketika rumah keong bekerja, sehingga memberikan sensasi berkendara yang mendebarkan. Karakter mesin Rocky juga dirancang cocok untuk dipakai di jalan perkotaan dengan kondisi stop and go, terutama berkat torsi kuat yang dihasilkan di putaran mesin rendah. Apalagi ditunjang dengan dimensi tubuh yang kompak dan bobot relatif ringan, alhasil dapat berjibaku dengan lincah dan cekatan di antara komuter lainnya.

Dipadukan dengan transmisi CVT terbaru Daihatsu, Dual Mode CVT, yang diklaim sangat ideal untuk berbagai kondisi berkendara, Rocky menghadirkan pengalaman berkendara yang nyaman, bertenaga sekaligus tetap hemat bahan bakar. Mesin ini tidak kehilangan napas ketika cruising di jalan tol karena tenaganya masih memadai, begitu juga harus melahap tanjakan dan melaju santai di jalan perkotaan dengan kondisi stop and go. Bermodalkan mesin canggih tersebut, bukan perkara sulit bagi Rocky untuk menyajikan kenikmatan berkendara terbaik setiap hari.

“Kami percaya Daihatsu Rocky menjadi jawaban bagi mereka yang mencari mobil impian dengan desain stylish dan sederet fitur terkini dan harga yang bersaing. Daihatsu Rocky sangat cocok dikendarai dan memberi kebanggaan bagi penggunanya. Daihatsu Rocky Sahabat Eksis!,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT ADM.

 

Teks: Tito B. Setiawan

 

 

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *