Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Crossover Suzuki Hustler Varian XL Bakal Diproduksi Desember 2017

Jika benar Hustler XL dengan kapasitas mesin di atas standar ‘kei car’ (660cc) jadi memasuki jalur produksi akhir tahun ini, sepertinya peluang Suzuki Indonesia memasukkan crossover mungil varian terbaru ini akan lebih besar. Kita tunggu saja…

BestCar Indonesia – Jika benar, ini tentu kabar gembira bagi para pecinta ‘kei car’ (sebutan untuk mobil kompak dengan mesin berkapasitas tak lebih dari 660cc, di pasar Jepang), khususnya dari Suzuki. Menurut Livedoor Blog, pabrikan asal Jepang itu kabarnya sedang mempersiapkan varian baru dari Suzuki Hustler untuk masuk ke jalur produksi pada bulan Desember tahun ini. Berbasis kei car Hustler standar, varian baru yang dinamakan XL ini akan lebih besar dan pas di kelas mobil kompak. Namun, sejauh ini belum ada konfirmasi apakah Suzuki akan menggunakan nama Hustler juga di belakang XL untuk varian baru ini.

Yang jelas, kei car berbasis Hustler ini akan lebih besar daripada Hustler sendiri dan nantinya lebih pas untuk diposisikan di kelas mobil kompak sebagai crossover ketimbang kei car. Rencananya, XL akan memasuki jalur produksi pada bulan Desember di pabrik Sagara yang berlokasi di kota Makinohara, Shizuoka, Jepang.

Dari gambar reka (rendering) yang diunggah Livedoor Blog memperlihatkan seperti apa sosok Suzuki Hustler crossover XL ini nantinya. Tampilan luarnya menggabungkan dimensi kompak dengan styling crossover SUV. Fascia depan sangat berbeda dengan Hustler standar, dengan lampu depan yang tampaknya ‘dipinjam’ dari Suzuki Ignis. Begitu juga dengan desain velg alloy-nya yang diadopsi dari Ignis. Sementara bumper depan two-tone yang diusung XL terlihat jauh lebih kokoh dan tangguh dibandingkan milik Hustler.

Livedoor Blog juga menambahkan bahwa Hustler XL akan menggunakan mesin 1.000cc, karena akan diposisikan di segmen mobil kompak ketimbang segmen kei car yang memiliki keterbatasan kapasitas mesin. Kendati tergolong mobil kompak, kabin XL memiliki ruang untuk lima penumpang, dan dimensinya yang lebih besar juga akan meningkatkan volume bagasinya. Lebih dari itu, XL versi produksi ini nantinya juga dapat dikembangkan dengan teknologi hybrid ringan Suzuki, SHVS – teknologi hybrid ini telah digunakan di seluruh jajaran mobil Suzuki di Jepang.

SuzukiHustlerXL-2

Suzuki Hustler telah terjual lebih dari 320.000 unit sejak diluncurkan di Jepang pada bulan Desember 2013.

O ya, Suzuki Hustler sendiri pertama kali diluncurkan di Jepang pada bulan Desember 2013. Sosok luarnya memang cukup unik dan mempunyai ciri khas tersendiri sebagai crossover SUV dengan desain boxy dan pilihan warna unik yang klasik. Di bagian kabin, Hustler dapat memuat hingga lima penumpang dengan ruang yang lapang dan headroom tinggi. Di sektor dapur pacu, Suzuki Hustler menggunakan mesin bensin 3-silinder seri R06A berkapasitas 658cc dengan pilihan turbo dan nonturbo (naturaly aspirated/n.a). Mesin ini mampu memproduksi tenaga hingga 38kW dan torsi puncak 63Nm. Sementara konsumsi bahan bakarnya mencapai 29,2km/liter.

Hingga bulan April 2017, Hustler telah mencapai penjualan kumulatif lebih dari 320.000 unit, membuatnya dianugerahi penghargaan ‘RJC Car of the Year’ dari Automotive Researchers and Journalist Conference of Japan (RJC) pada tahun 2015 silam. Hustler adalah model Suzuki kelima yang menerima gelar tersebut, yang sebelumnya pernah pula diraih oleh WagonR pada tahun 1993, WagonR dan WagonR Stingray pada tahun 2008, dan Swift pada tahun 2005 dan 2010.

Menurut RJC, Hustler merupakan pelopor genre baru dari sebuah mini (crossover) SUV yang sangat menarik. Mobil mungil ini tidak hanya mengandalkan performa pengendaraan saja, tapi warnanya pun dibuat menarik. Tambahan lagi, Hustler dinilai sangat nyaman untuk penggunaan di dalam kota selain untuk dipergunakan sesuai keperluan seperti perjalanan dengan keluarga. “Melihat lebih jauh di bagian dalamnya sangat berkualitas dan tentunya bisa memberikan kenyamanan,” papar RCJ saat itu.

SuzukiHustlerXL-4

Sejak diluncurkan pada Januari 2014, Hustler langsung menarik hati banyak penggunanya yang sangat bervariasi, baik laki-laki dan perempuan dengan rentang usia sedikit di atas 20 tahunan. Tak heran jika selain penghargaan RJC Special Achievment Award, Suzuki Hustler juga menerima penghargaan serupa lainnya, seperti Nippon Minicar (Japan Automobile Manufacturers Association, Inc Mini Vehicle Committe). “Evolusi yang cemerlang pada sebuah minicar yang telah dicapainya serta perannya dalam motorisasi di Jepang juga menjadi pertimbangan, penilaian dilakukan tanpa memperhatikan model dan merek.” Begitulah alasan Nippon Minicar ketika memilih Hustler.

Di Indonesia, sosok Hustler yang diboyong oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pernah dipamerkan kepada publik di ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) tahun 2014. Pihak SIS selaku agen pemegang merek (APM) Suzuki di Tanah Air bahkan berniat untuk memasarkan kei car asal Jepang ini. Sayang, rencana tersebut akhirnya batal akibat berberapa kendala, terutama terkait dengan proses homologasi yang tidak sesuai. Menurut SIS saat itu, terdapat beberapa komponen Hustler yang dinilai tidak memenuhi standar produk yang ada di Indonesia, salah satunya adalah kaca dengan ketebalan tertentu.

Namun tahun 2016 lalu peluang untuk memasarkan Suzuki Hustler di Indonesia kembali mencuat, meski realisasinya kemungkinan baru tahun 2017 ini. Jika benar dijual untuk pasar Indonesia, kemungkinan Suzuki akan membenamkan mesin dengan kapasitas lebih besar, seperti mesin tiga silinder 1,0liter milik Karimun Wagon R atau mesin berkapasitas 1,2liter yang digunakan Splash.

Nah, jika benar Hustler XL dengan kapasitas mesin di atas standar ‘kei car’ (660cc) jadi memasuki jalur produksi akhir tahun ini, sepertinya peluang SIS memasukkan Hustler varian terbaru ini akan lebih besar. Kita tunggu saja…

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *