Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Bocor Lewat Brosur, Inilah Spesifikasi Lengkap Suzuki All New Jimny Gen-4

Brosur resmi yang ‘bocor’ ke publik itu juga mencantumkan beberapa data spesifikasi yang terkait dengan kemampuan off-road Suzuki All New Jimny/Sierra yang legendaris ini, seperti approach angle (sudut datang), departure angle (sudut berangkat), dan ramp brakeover angle, serta ground clearance dan radius putar.

BestCar Indonesia – Menjelang peluncuran peradananya di pasar Jepang awal Juli 2018 ini, spesifikasi lengkap Suzuki All New Jimny dan Jimny Sierra generasi keempat untuk pasar Jepang (Japan Domestic Market/JDM) telah ‘bocor’ ke publik melalui brosur resmi yang diunggah di halaman Facebook Ferd — merupakan sumber yang sama yang membocorkan harga jip kompak Suzuki ini sebelumnya – dan kemudian beredar juga di beberapa media.

Sebelumnya, Suzuki Motor Company (SMC) secara resmi memang telah mengumumkan rentang powertrain All New Jimny model 2019 ini, namun belum menguraikan secara detil spesifikasi mesin yang tersedia. Untuk pasar Jepang (Japan Domestic Market/JDM), jip mungil Suzuki ini akan tersedia dengan mesin bensin 660cc untuk memenuhi persyaratan kategori ‘Kei Car’ di negara itu. Selain itu ada pula pilihan mesin bensin 1,5 liter untuk model varian Jimny Sierra yang tidak tergolong kategori ‘Kei Car’ di Jepang. Kabarnya, untuk pasar Eropa bakal disediakan tiga pilihan mesin, mulai dari mesin bensin Boosterjet 3-silinder 1.0 liter turbocharged, mesin bensin Dualjet 4-silinder 1,2 liter yang lebih besar, dan mesin bensin 4-silinder 1,5 liter seperti yang digunakan varian Jimny Sierra di pasar Jepang.

Suzuki All New Jimny varian‘Kei Car’di pasar Jepang mengusung mesin bensin R06A 3-silinder turbocharged berkapasitas 0,658liter (660cc), meletupkan tenaga 64 PS pada 6.000 rpm dan torsi 96 Nm pada 3.500 rpm.

Mesin bensin 3-silinder turbocharged berkapasitas 0,658 liter dengan kode R06A yang menggerakkan Suzuki Jimny versi ‘Kei Car’ diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal 64PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak hingga 96Nm pada 3.500rpm. Seluruh daya mesin disalurkan ke roda melalu transmisi manual 5-speed dan transmisi otomatis 4-speed yang tersedia bersama dengan sistem penggerak 4-roda (4WD) part-time sebagai fitur standar.

Sedangkan mesin bensin K15B 4-silinder naturally aspirated (non-turbo) berkapsitas 1,5 liter yang mengisi ruang mesin varian Jimny Sierra mampu memproduksi tenaga hingga 102PS pada 6.000rpm dan torsi puncak 130Nm yang dituai pada 4.000rpm. Seperti diberitakan sebelumnya, ini adalah mesin yang sama yang digunakan Suzuki Ertiga 2018 di pasar Indonesia dan kemungkinan juga akan digunakan pada Maruti Ciaz 2018 dan Maruti Ertiga 2018 di pasar India. Seperti halnya All New Jimny versi ‘Kei Car’, varian Jimny Sierra juga menawarkan dua pilihan transmisi, yaitu manual 5-speed dan otomatis 4-speed.

Chassis ladder frame khusus menjadi rangka dasar Suzuki All New Jimny/Sierra 2019. Sementara sistem penggerak 4-roda (4WD)part-time menjadi perlengkapan standar seluruh varian dan tipe.

Dari ‘bocoran’ brosur resmi All New Jimny 2019 versi JDM tersebut juga diketahui bahwa varian Jimny Sierra memiliki panjang 3.550mm, lebar 1.645mm, dan tinggi 1.730mm, dengan panjang wheelbase (jarak sumbu roda) mencapai 2,250mm. Tangki bahan bakarnya mampu menampung maksimum 40 liter. Secara keseluruhan, bobot Jimny Sierra bertransmisi manual mencapai 1.070kg, sedangkan varian bertransmisi otomatis sedikit lebih berat dengan 1.090kg. Keempat kakinya dibekali ban ukuran 195/80 R15. Dibandingkan dengan varian Sierra, All New Jimny ‘Kei Car’ 0,6 liter sedikit lebih ramping dengan lebar total hanya 1.475mm. Bobotnya juga lebih ringan 40-50kg dibanding varian Sierra, hanya 1.030kg untuk varian bertransmisi manual dan 1.040kg untuk varian bertransmisi otomatis.

Brosur resmi All New Jimny dan Jimny Sierra yang ‘bocor’ ke publik itu juga mencantumkan beberapa data spesifikasi yang terkait dengan kemampuan off-road jip mungil Suzuki yang legendaris ini. Di antaranya adalah approach angle (sudut datang), departure angle (sudut berangkat), dan ramp brakeover angle, serta ground clearance dan radius putar. Untuk Jimny Sierra, sesuai data dari brosur, approach angle-nya mencapai 36 derajat, dengan ramp brakeover angle 28 derajat, dan departure angle 50 derajat. Sementara All New Jimny ‘Kei Car’ sedikit lebih baik, dengan approach angle 41 derajat dan departure angle 51 derajat. Radius putar All New Jimny ‘Kei Car’ juga lebih pendek, 4,8 meter, dibandingkan dengan 4.9 meter pada Jimny Sierra. Suzuki mengklaim ground clearance Jimny Sierra mencapai 210mm.

Bocoran Harga Jual

Sebelumnya, halaman Facebook Ferd juga membocorkan harga detil dari lima tipe/trim All New Jimny dan Jimny Sierra yang tercantum pada brosur resmi jip kompak Suzuki untuk pasar Jepang ini. Pada ‘bocoran’ brosur tersebut terlihat All New Jimny dan Jimny Sierra yang dijual di pasar Jepang terdiri dari tiga tipe All New Jimny ‘Kei Car’ (660cc) – yaitu Jimny XC, Jimny XL, dan Jimny XG – serta dua tipe Jimny Sierra (1,5 liter), yaitu Jimny Sierra JC dan Jimny Sierra JL.

Tipe termurah adalah Jimny XG yang dibanderol 1,45 juta Yen atau setara dengan Rp 189 juta. Di atasnya adalah Jimny tipe XL yang dijual seharga 1,58 juta Yen atau setara dengan Rp 205 juta, serta Jimny tipe tertinggi XC yang dibanderol 1,74 juta Yen atau setara Rp 229 juta.

Sedangkan harga kedua tipe Jimny Sierra diposisikan di atas All New Jimny ‘Kei Car’. Tipe JL diposisikan sebagai Jimny Sierra termurah, dengan harga 1,76 juta Yen atau sekitar Rp 228 juta. Sedangkan tipe JC merupakan Sierra termahal, yang dibanderol 1,92 juta Yen atau sekitar Rp 249 juta.

Jadi secara keseluruhan, rentang harga kelima tipe All New Jimny/Sierra generasi keempat yang dijual di pasar Jepang berkisar antara 1,45 juta Yen (sekitar Rp 189 juta) hingga 1,92 juta Yen (sekitar Rp 249 juta). Mahal? Jika dibandingkan dengan harga rata-rata kendaraan low-MPV di Indonesia yang berada di rentang Rp 180-an juta hingga Rp 260-an juta, banderol All New Jimny/Sierra generasi keempat (di pasar Jepang) ini jelas tak lebih mahal.

Pertanyaannya, berapa kira-kira harga Jimny Gen-4 ini jika masuk ke pasar Indonesia? Belum ada spekulasi soal ini, memang. Apalagi mengingat belum ada konfirmasi dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), selaku agen pemegang merek Suzuki di Indonesia, untuk memasukkan Jimny generasi keempat ini ke pasar nasional. Namun jika melihat ‘keberhasilan’ Suzuki Indonesia yang mampu menekan harga jual Suzuki Jimny generasi ketiga (Gen-3) alias Jimny Wide pada tahun lalu, bukan mustahil PT. SIS juga akan mampu mendatangkan All New Jimny/Sierra Gen-4 dengan harga yang kompetitif. Sebagai perbandingan, Suzuki Jimny generasi ketiga (Gen-3) alias Jimny Wide yang didatangkan utuh (completely built up/CBU) dari Jepang ‘hanya’ dibanderol  Rp 285 juta (on-the-road, Jabodetabek). Sementara harga mobil yang sama di Importir Umum (IU) saat itu berkisar antara Rp 450-500 juta.

Sebagai patokan, tipe tertinggi Jimny Sierra Gen-4 di pasar Jepang dibanderol 1,92 juta Yen (sekitar Rp 249 juta), sementara di pasar Eropa, tepatnya di pasar Inggris — seperti dikutip Autoexpress.co.uk – kemungkinan akan dibanderol sekitar 12.999 poundsterling atau sekitar Rp 230 jutaan.

 

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *