Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
BESTCAR NEWS - BMW X7

BMW X7 Bakal Meluncur Awal 2018

BestCar Indonesia – Sejauh ini BMW memang tidak memiliki model yang menjadi pesaing langsung bagi Mercedes-Benz GLS. Tapi ceritanya akan berubah pada dekade ini, setelah pabrikan asal Jerman itu memperkenalkan model X7: crossover ‘full-size’ yang pada Maret 2014 lalu telah dipastikan bakal masuk jalur produksi. Dan, berita gembiranya, BMW X7 diperkirakan akan mulai dijual pada tahun 2018.

Sebuah gambar rekaan (render) spekulatif seperti yang Anda lihat di atas – diperoleh dari situs OmniAuto —  menunjukkan bagaimana kemungkinan tampilan luar calon rival berat bagi Range Rover masa depan – juga Mercedes GLS, Lexus LX570, Cadillac Escalade, Lincoln Navigator, dan Audi Q8 – ini. Setidaknya, gambar rendering BMW X7 ini memperlihatkan berbagai fitur eksterior yang ‘diambil’ dari BMW X5 dan BMW Seri 7.

BMW X7 yang secara internal dikenal dengan nama kode ‘BMW F17’ akan berbasis pada platform penggerak roda-belakang CLAR (CLuster ARchitecture) yang saat ini mendasari sedan saloon BMW Seri 7. Itu artinya X7 akan menjadi ‘kakak’ untuk BMW X5 yang juga akan didasarkan pada platform CLAR di generasi berikutnya. “Tapi X7 sama sekali bukan merupakan  versi X5 yang ‘dimelarkan’,” ungkap Dr. Ian Robertson, Anggota Dewan Manajemen BMW AG dan kepala Penjualan dan Pemasaran merek BMW.

BESTCAR NEWS - BMW X7

Seiring dengan berbagai model mesin bensin dan diesel konvensional, BMW X7 kemungkinan besar juga memiliki varian hybrid plug-in performa tinggi.

Di bagian dalam kabin, BMW X7 akan ditawarkan dalam tiga baris bangku dengan layout 7-kursi sebagai standar, namun laporan terakhir dari BMW menyebutkan kemungkinan juga akan disiapkan varian dengan layout 4-kursi. Sebagai sumber tenaganya, X7 kemungkinan akan ditawarkan dengan mesin bensin dan diesel enam silinder, delapan silinder, serta dua belas silinder, dengan kapasitas mulai dari 3.0 – 6,0-liter. Mesin-mesin tersebut bukan hanya diadopsi dari X5, tapi juga dari seluruh line-up yang dimiliki BMW. Di luar itu, BMW juga akan menyiapkan varian hybrid plug-in iPerformance untuk X7 yang diposisikan sebagai salah satu flagship SUV BMW di masa mendatang.

Yang jelas, jika tak ada perubahan BMW akan mulai memroduksi X7 pada awal 2018 di Spartanburg, Amerika Serikat, dan mulai menjualnya tak lama setelah itu. Harganya? Belum ada konfirmasi dari BMW, tapi kemungkinan di kisaran 130 ribu Euro atau lebih.

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga

TAG


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *