Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

BMW R1200RT Spezial: Sporty Tourer yang Mewah

Meski mengusung mesin Boxer 2-silinder 1.170cc, jarak jok ke tanah motor Sporty Tourer  ini hanya 805mm (85cm) dan bisa diatur ketinggiannya, membuat rider dengan postur tubuh rata-rata orang Asia masih bisa menapak dengan sempurna.

BestBike Indonesia – BMW R1200RT Spezial! Inilah salah satu dari 3 motor BMW dari BMW Motorrad yang ditampilkan di ajang IIMS (Indonesia International Motorshow) 2018, bulan April lalu. Sangat identik dengan gaya turingnya yang kental, tampang depan yang sporty dengan fairing plus visor yang bisa diatur ketinggiannya secara otomatis, BMW R1200RT Spezial menjadi salah satu model BMW Motorrad yang paling menarik di pasar sepeda motor premium Indonesia.

Melihat Desain BMW R1200RT Spezial ini memang tak berbeda dari saudaranya, BMW R1200RT yang telah lebih dulu hadir. Namun, yang membuat R1200RT Spezial terasa spesial adalah karena penggunaan warna Sparkling Storm Metallic dengan sentuhan lapisan kulit berwarna cokelat dan embos ‘RT’ di jok belakang. Bukan cuma special, tapi juga menjadikan R1200RT Spezial terlihat semakin mewah.

Setang model ‘Fatbar’ membuat ‘segitiga berkendara’ semakin nyaman, karena posisi duduk dan setang yang tinggi membuat tangan tidak mudah pegal meskipun berkendara dalam waktu yang lama. Jarak jok ke tanah hanya 805mm (85cm) dan bisa diatur ketinggiannya, membuat rider dengan postur tubuh rata-rata orang Asia masih bisa menapak dengan sempurna. Hal ini juga memastikan kenyamanan punggung rider ketika melakukan perjalanan jauh.

Windscreen-nya pun juga bisa disetel ketinggiannya sesuai kebutuhan, tanpa perlu repot menggunakan kunci-kunci. Ini karena BMW membekalinya dengan fitur electronic adjustable. Dengan hanya menekan tombol, windscreen akan turun-naik secara otomatis.

Yang tak kalah menarik dibanding fitur-fitur tadi, BMW R1200RT Spezial juga dibekali builtin speaker yang nantinya bisa dikoneksikan dengan smartphone via bluetooth, untuk keperluan telepon dan memutar musik.

 

Mesin Boxer

Kebutuhan turing yang sangat melelahkan pastinya bakalan hampa tanpa engine yang mumpuni. BMW R1200RT Spezial dibekali mesin Boxer dua-silinder (twin cylinder) 4-langkah berkapasitas 1.170cc yang sudah lulus uji emisi Euro 5 ini. Mesin ini mampu memuntahkan tenaga hingga 125hp (91,2kW)) pada 7.750rpm, dengan torsi puncak 125Nm (12,7kgf-m atau 92,2ft.lbs) pada 6.500rpm.

Raungan mesin Boxer yang keluar dari sistem exhaust 2-1 menggambarkan karakter mesin yang bengis untuk kebutuhan melibas berbagai macam trek, apalagi dengan entakan tenaga yang ‘ngejambak’ saat grip akselerator dipelintir, dijamin torsi ‘badak’ 125Nm yang diteruskan ke roda melalui gearbox 6-speed bakal memacu adrenalin Anda saat turing. Yang pasti, BMW R1200RT Spezial diklaim mampu menjelajah dengan top speed 200km/jam (124,3 mil per jam). Itu pun, jika Anda cukup berani melakukannya.

 

Teks: Delloe Munandar

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *