Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

BMW Indonesia Luncurkan BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition

Untuk pasar Indonesia, kedua model M terbaru ini dihadirkan dalam varian Competition, yaitu BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition yang bakal memenuhi imajinasi para pecintanya lewat performa mesin luar biasa dan fitur yang melimpah. Keduanya kini dibekali torsi hingga 650Nm dan kemampuan berakselerasi 0100km/jam hanya dalam 3,7detik – menjadikan kedua kendaraan ini masuk di segmen sports car di bawah 4 detik.

BestCar Indonesia – BMW Indonesia dan BMW Eurokars secara resmi meluncurkan penyegaran dua model kendaraan performa tinggi di segmen Sports Activity Vehicle (SAV) dan Sports Activity Coupé (SAC) ukuran menengah: New BMW X3 M dan BMW X4 M, Kamis (07/07/2022). Untuk pasar Indonesia, kedua model M terbaru ini dihadirkan dalam varian Competition, yaitu BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition yang bakal memenuhi imajinasi para pecintanya lewat performa mesin luar biasa dan fitur yang melimpah.

“BMW Eurokars sangat senang dapat kembali menghadirkan kendaraan performa tinggi BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition. Penyegaran yang hadir luar biasa tetapkan tolak ukur untuk keunggulan dinamis, kelincahan, serta desain yang ekspresif di kelas masing-masing. Kedua kendaraan ini hadir dengan penambahan torsi hingga 650 Nm dan mampu berakselerasi 0-100km/jam hanya dalam 3,7detik – menjadikan kedua kendaraan ini masuk di segmen sports car di bawah 4 detik,” papar Sivakumar Krishnan, General Manager BMW Eurokars pada acara peluncuran ‘The Rebels’ di BMW Eurokars yang telah menjadi BMW M-Town, Jakarta, Kamis (07/07/2022).

Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2020, kedua model BMW versi M ini telah menetapkan tolak ukur dalam hal kedinamisan berkendara, kelincahan, dan presisi di kelasnya masing-masing. “Untuk ketiga kalinya secara berturut-turut, BMW M GmbH pada tahun 2021 keluar sebagai pemimpin pasar global di segmen kendaraan performa tinggi. BMW M membukukan rekor penjualan tertinggi pada tahun 2021. Sebanyak 163.542 kendaraan BMW M dikirim ke pelanggan di seluruh dunia tahun lalu, meningkat 13% dibandingkan tahun 2020. Pertumbuhan ini terbagi rata di antara BMW M dan BMW M Performance. Di Indonesia, BMW M juga meraih peningkatan penjualan yang sangat luar biasa. Pada tahun 2021, total penjualan BMW M mengalami peningkatan lebih dari dua kali lipat hingga 150% dibandingkan tahun sebelumnya,” jelas Jodie O’tania, Director of Communications BMW Group Indonesia dalam acara yang sama dan sekaligus menyambut perayaan ‘50 Years of BMW M’ ini.

Keberhasilan ini, lanjut Jodie, merupakan awal yang sempurna untuk perayaan 50 tahun BMW M yang jatuh pada tahun ini, dimana BMW M merayakan lima dekade sejarah yang ikonik dengan komunitas yang hebat. “Kami mendedikasikan perayaan ini tidak hanya untuk merayakan kesuksesan dan pencapaian BMW M, tetapi di atas semua itu untuk adalah untuk para penggemar BMW M yang antusias, pengguna, dan semua komunitas BMW M. Hari ini BMW Indonesia mengawali perayaan 50 tahun BMW M dengan menghadirkan dua kendaraan terbarunya, New BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition. BMW Eurokars, sebagai satu-satunya diler resmi BMW M di Indonesia, terus menghadirkan inovasi untuk kenyamanan para pelanggan kami. Selama pandemi, kami berinovasi dan menghadirkan mobile application BMW Eurokars yang dapat dengan mudah diunduh para pelanggan kami untuk mengetahui model BMW M terbaru, mengatur sesi test drive, ataupun untuk layanan purna jual,” tambahnya.

 

Powertrain dan Drivetrain dengan Keunggulan di Sirkuit

Mesin 6-silinder segaris yang diusung BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition kini dilengkapi dengan crankshaft (kruk as) ringan yang ditempa dari model BMW M3 dan M4. Desainnya yang sangat tahan tekanan torsi memungkinkan transmisi menyalurkan torsi yang sangat tinggi, sementara bobotnya yang rendah dan massa putar yang berkurang juga menguntungkan tenaga putaran mesin.

Sistem pendingin mesin 6-silinder segaris yang telah terbukti, dirancang untuk menghasilkan tingkat output yang sangat tinggi. Sistem pendingin ini mencakup dua radiator yang diposisikan secara lateral, selain radiator tengah. Ada juga pendingin oli mesin tambahan dan pendingin oli transmisi terpisah. Keahlian balap BMW M GmbH juga terlihat dalam desain sistem pasokan oli, yang diarahkan untuk pengoperasian trek balap yang dinamis. Wadah oli mesin yang dioptimalkan untuk bobot memiliki dua ruang terpisah dan saluran serap terintegrasi. Tahap serap tambahan memungkinkan pompa oli yang dikendalikan secara pemetaan (mapped) untuk mengalirkan pelumas dari wadah oli yang lebih kecil, yang berfungsi sebagai penyangga volume. Dengan cara ini, pasokan oli yang andal dijamin setiap saat, bahkan selama akselerasi longitudinal dan lateral yang ekstrem.

Hasilnya, BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition mencatat output maksimal sebesar 510hp. Mesin enam silinder in-line yang baru ini juga meningkatkan torsi puncak BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition yang semula 600Nm menjadi 650Nm. Kedua model Competition ini dapat melesat dari 0-100 km/jam lebih cepat lagi, kini menjadi hanya 3,7 detik dari 4 detik di model sebelumnya. Dengan kata lain, kemampuan mesin BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition telah setara dengan sports car. Kecepatan puncak kedua model adalah 250km/jam yang diatur secara elektronik.

Seluruh daya mesin disalurkan ke roda belakang melalui transmisi Steptronic M 8-tingkat kecepatan dengan Drivelogic dan menggunakan sistem penggerak semua roda (all-wheel-drive/AWD) M xDrive baru. Selain perpindahan gear yang sepenuhnya otomatis, transmisi canggih ini juga memungkinkan perpindahan gear secara manual dengan pemilihan posisi penggerak secara berurutan. Selain gear selector M baru di konsol tengah, paddle shift di setir juga tersedia untuk melakukan perpindahan gear. Dalam mode manual, beberapa perpindahan gear ke bawah dapat dilakukan ke gear serendah mungkin, sehingga dapat memanfaatkan torsi drag engine untuk tujuan pengereman. Saat berakselerasi, tidak ada perpindahan gear paksa yang dipicu bahkan saat mesin dihidupkan.

Sistem M xDrive memiliki bias roda belakang dan menawarkan pengemudi BMW X3 M dan BMW X4 M dua mode mengemudi AWD. Interaksi yang dikendalikan secara terpusat antara M xDrive dan Active M Differential di gandar belakang memungkinkan sistem all-wheel-drive (AWD) tersebut untuk membagi tenaga dari mesin antara keempat roda sesuai kebutuhan, sehingga menghasilkan traksi, kelincahan dan stabilitas arah yang optimal.

Di luar kemampuan mesinnya, sistem knalpot sport BMW M standar di BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition memperkaya karakteristik suara mesin mobil BMW M dengan tambahan kualitas yang sangat nyaring, terutama saat di bawah beban berat dan pada putaran mesin tinggi. Hasilnya, sistem knalpot ini memberikan suara bahkan lebih dari sentuhan balap untuk pengalaman berkendara yang sangat emosional – sambil tetap mempertahankan kepraktisan sehari-hari. Flap variabel tak terhingga dari sistem pembuangan M sports memungkinkan produksi suara yang sangat bervariasi.

 

Teknologi Chassis Khusus BMW M: Dinamika Luar Biasa

Kombinasi dinamika dan presisi yang sudah menjadi ciri khas mobil BMW M didukung oleh elemen-elemen penguat bodi model-spesifik serta teknologi chassis canggih yang disetel secara cerdas untuk memanfaatkan tenaga mesin. Dengan tiga pengaturan yang dapat dipilih dengan satu sentuhan tombol, damper yang dikontrol secara elektronik — khusus untuk suspensi M — memungkinkan kenyamanan sehari-hari yang sangat baik dan kontak yang sangat dekat dengan jalan, dengan gerakan roda dan bodi yang rendah.

Kinematika dan elastokinematika spesifik dikembangkan khusus untuk M Suspension yang ada di kendaraan ini — dengan axle (gardan) depan menggunakan double-joint spring strut dan axle belakang menggunakan suspensi five-link — menghadirkan kendali roda yang presisi dan stabilitas arah yang tepat.

Kedua model M ini juga dibangun untuk dikendalikan pada batas maksimalnya melalui sistem kontrol presisi dengan BMW M-specific steering (dengan M Servotronic dan variable-ratio). Sistem pengereman BMW M compound brakes yang kuat, dengan 4 piston ukuran 395mm di bagian depan dan single piston ukuran 370mm di belakang, sehingga mampu mengurangi beban rotasi roda sebesar +/- 6.5 kg. Sistem kontrol suspensi dan mode-mode berkendara BMW M xDrive, karakteristik mesin dan transmisi serta set-up steering dapat diatur dengan satu sentuhan tombol.

Sistem DSC (Dynamic Stability Control) memungkinkan putaran slip roda yang dikendalikan dalam M Dynamic Mode dan juga dapat dimatikan. Selain itu, konten yang ditampilkan di Head-Up Display dapat ditentukan melalui menu iDrive. Pengemudi dapat menyimpan dua opsi pengaturan keseluruhan — dikonfigurasikan sesuai keinginan dari parameter di atas — di menu iDrive dan memilihnya jika diperlukan, dengan menggunakan dua tombol M (M1& M2) pada lingkar kemudi.

 

Eksterior

BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition kini hadir dengan kidney grille yang diperbesar dengan kerangka one-piece dan lampu depan yang sekarang sekitar 10mm lebih rata, sama seperti BMW X3 terbaru. iCam diposisikan pada bilah hitam grille, memberikan pemisahan visual dari kidney grille BMW dalam warna hitam mengkilap, layaknya M double kidney bars yang khas. Radiator grille juga dilengkapi logo khusus spesifik model: X3 M atau X4 M.

Selain lampu depan LED adaptif standar dengan fungsi Matrix, BMW Laser Light dengan jangkauan hingga 650 meter kini juga tersedia sebagai tambahan opsional. BMW M GmbH telah merancang front apron khusus M menjadi lebih ekspresif. Salah satu fitur yang sangat mencolok adalah air intake samping yang baru, diatur secara vertikal dan memanjang: miring ke bawah menuju spoiler di tikungan ke arah tengah body kendaraan, mengikuti bentuk heksagonal dari central air intake. Komponen ‘penangkap udara’ ini dibingkai oleh elemen trim dalam warna high-gloss black, yang juga digunakan untuk mirror caps M yang dioptimalkan secara aerodinamis dan M grille khas yang terintegrasi dalam ventilasi udara, serta spoiler belakang pada BMW X4 M Competition.

Penyegaran pada elemen desain BMW M khas untuk eksterior terlihat pada fitur desain eksterior khusus BMW M Competition Package, M roof rails high-gloss Shadow Line, dan M Extended high-gloss Shadow Line yang mengoptimalkan kesan sporty untuk BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition.

Di bagian belakang, BMW X3 M Competition dibekali lampu belakang LED -‑ seperti BMW X3 — yang diperbarui dengan surround hitam dan grafik iluminasi yang lebih sempit. Bagian bawah apron belakang merupakan desain khusus M dan dalam balutan warna black high gloss. Diffuser besar bagian belakang diapit oleh sepasang knalpot dari sistem knalpot sport M di kanan dan kiri, dengan finishing krom hitam.

Apron belakang baru BMW X4 M Competition menampilkan sisipan offset yang lebar dalam bentuk landasan. Seperti panel tirai udara lateral, yang juga mengakomodasi reflektor vertikal, finishingnya dibalut dalam warna black high gloss yang memastikan kesan keseluruhan sangat kuat. Dua pasang tailpipes dalam balutan krom hitam juga membingkai diffuser pada BMW X4 M Competition. Selain M Carbon Black metallic dan M Brooklyn Grey metallic, ada dua pilihan warna baru yang dihadirkan khusus untuk model M Competition seri X3 dan X4, yaitu M Marina Bay Blue metallic dan M Sao Paulo Yellow.

Interior Khas M dengan Aksen Baru

Di bagian dalam kabin, BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition menghadirkan sport seats yang dapat diatur secara elektrik dan dibalut lapisan kulit Merino yang dapat dipilih dalam varian Black atau varian dua warna, yaitu Sakhir Orange/Black dan Adelaide Grey/Sakhir Orange, serta logo M yang menyala sebagai fitur standar.

Seat cushion dan sandaran samping dengan desain khusus M ini membuat jok memiliki karakter bucket-seat yang khas, sehingga mengoptimalkan dukungan lateral saat menikung tajam. Rentang fungsi penyesuaian yang diperluas menyediakan posisi tempat duduk yang sempurna dan kenyamanan yang disesuaikan dengan kebutuhan individu.

Penyesuaian manual untuk panjangnya bantal jok serta penyetelan untuk penyangga lumbar pneumatik juga tersedia di samping fungsi jok sports. Sandaran  kepala semi-terintegrasi dapat diatur secara elektris ketinggiannya, dan membuat pernyataan visual yang unik dengan logo M yang menyala.

Semua model BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition hadir dengan desain kokpit BMW M-style yang istimewa, terdiri dari kluster instrumen khusus BMW M, bantalan lutut di sisi konsol tengah sebagai standar, M Interior trim finishers ‘Carbon Fibre’, BMW M leather steering wheel dengan fitur multifungsi jahitan kontras dalam warna BMW M, dan gearshift BMW M dengan gaya baru yang membuat keseluruhan kontrol kendaraan difokuskan pada konsol tengah dan juga layar monitor sekaligus menciptakan suasana sporty dan mewah, sill pintu model spesifik, trim interior dengan finishing dalam aluminium Rhombicle gelap sebagai standar, ventilasi udara dengan trim galvanis baru, dan papan khusus M di konsol tengah.

Kedua model hadir dengan sandaran punggung bagian belakang pisah-lipat 40: 20: 40, sehingga memungkinkan kapasitas bagasi ditingkatkan hingga maksimum 1.600 liter di BMW X3 M dan 1.430 liter di BMW X4 M. Walaupun interiornya secara keseluruhan tampak sangat terfokus pada pengalaman berkendara yang sporty, tapi versatilitas yang diasosiasikan dengan semua model BMW X tetap dipertahankan.

BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition kini juga telah dilengkapi dengan BMW Live Cockpit Professional sebagai fitur standar. Jaringan cerdas termasuk layanan digital inovatif berdasarkan BMW Operating System 7 – seperti BMW Intelligent Personal Assistant – membuka banyak potensi untuk aplikasi baru serta opsi konektivitas yang lebih seamless seperti wireless Apple CarPlay dan Android Auto. Tentu saja, ini memungkinkan interaksi yang lebih intens antara pengemudi dan kendaraan.

Control Display ukuran 12,3inci kini dipasang sebagai standar. Tampilan antar-muka (interface) baru, pengendalian dengan suara (Voice Command) dan gerakan tangan (Gesture Control) membantu pengendara dalam mengoperasikan fungsi kendaraan. Tampilan instrumen sepenuhnya digital menawarkan, antara lain, M View dengan tampilan khusus yang diadopsi dari model BMW M8.

 

Fitur Kenyamanan dan Keselamatan: Disesuaikan untuk Setiap Individu

Suasana interior sporty dan mewah BMW X3 M dan BMW X4 M Competition dapat ditingkatkan dengan berbagai tambahan opsional untuk memberikan kenyamanan dan individualitas yang lebih besar. Kontrol iklim otomatis tiga zona menjadi fitur standar, dan begitu juga dengan fungsionalitas opsional Comfort Access yang mencakup pembukaan dan penutupan tailgate bebas-tangan. Operasi tailgate otomatis dengan satu sentuhan tombol ini menjadi fitur standar untuk BMW X3 M dan BMW X4 M Competition.

Penambahan fitur teknologi terbaru untuk BMW X3 M dan BMW X4M meliputi Remote Engine Start, 8-speed M Steptronic, gearshift paddle switches on the steering wheel, M sport exhaust system, M Compound brake, black high-gloss, M sport differential, M suspension, M Servotronic, dan M carbon precision strut.

Di antara opsi lain yang menawarkan tingkat kenyamanan luar biasa adalah atap kaca panoramic, jendela yang dilengkapi roller sunblind dan juga sun protection glazing. BMW X3 M dan BMW X4 M hadir dengan fitur standar lampu depan LED Adaptif yang memiliki distribusi cahaya variabel, lampu cornering, dan BMW Selective Beam untuk lampu jauh yang tidak menyilaukan.

Penerangan interior atmosferik disediakan pula oleh pencahayaan ambient sebagai fitur standar, yang menawarkan enam pilihan warna dan dapat diaktifkan melalui menu iDrive.

 

Ketersediaan dan Harga

BMW X3 M Competition akan ditawarkan dengan harga Rp 2.117.000.000,- (off-the-road) dan BMW X4 M Competition ditawarkan dengan harga Rp 2.167.000.000,- (off-the-road). Kedua kendaraan ini hadir dengan jumlah terbatas dan akan tersedia di BMW Eurokars.

Kedua model M terbaru ini hadir dengan BMW Service Inclusive, sebuah program yang membebaskan semua biaya perawatan kendaraan untuk pelanggan selama 5 tahun atau 60.000 km (mana saja yang lebih dulu), dan juga mencakup garansi 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh.

Ban BMW X3 M dan BMW X4 M Competition juga dilindungi oleh BMW Group Tire Coverage selama 2 tahun, yang mencakup 100% biaya penggantian hingga 4 ban per tahun. Ini termasuk biaya ban dan tenaga kerja, selain mencakup kerusakan yang disebabkan oleh tusukan, penggembungan, ban pecah dan ban robek, serta kerusakan yang diakibatkan oleh kendaraan yang terus melaju dengan ban kempes. Setiap ban yang rusak akan diganti dengan yang asli, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Semua kendaraan BMW juga dilengkapi dengan BMW Roadside Assistance Services gratis selama 3 tahun dan dapat diakses melalui Call Center 24/7 (0 800 1 269 269 atau 021 50880206) yang dikelola oleh Allianz Worldwide Partners (aktif garansi sejak Februari 2021). Kendaraan akan diderek dengan bebas biaya ke diler BMW terdekat dan layanan Seamless Mobility yang termasuk di dalamnya kendaraan pengganti, akomodasi hotel, dan mobile technician, semua dengan syarat dan ketentuan berlaku.

 

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *