Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Bentley Continental GT 2018 Seharga Rp 8,8 M Resmi Mengaspal

Meski harganya dipatok Rp 8,8 milyar (off-the-road, Jakarta) atau sekitar Rp 10 milyar (on-the-road), Bentley Jakarta bahkan telah menerima pemesanan tiga unit supercar tebaru yang diimpor langsung dari Inggris ini sebelum resmi diluncurkan. 

BestCar Indonesia – Setelah peluncuran globalnya di ajang Frankfurt Auto Show,  Agustus 2017, yang berhasil menyita perhatian dunia,  Bentley New Continental GT 2018 akhirnya diperkenalkan secara resmi di pasar Indonesia, Kamis lalu (22/02-2018). Indonesia merupakan negara ketiga di kawasan Asia tenggara (ASEAN) yang diperkenalkan Continental GT generasi ketiga ini, setelah Singapura dan Malaysia.

Supercar dua-pintu dengan empat-kursi ini diklaim merupakan backbone penjualan Bentley dan merupakan salah satu model yang paling laris di pasar otomotif dunia. “New Continental GT menawarkan kemewahan yang tidak ada lawannya, kesempurnaan dan performa dipadukan dengan teknologi terkini lalu dikemas dengan desain elegan serta indah. Bentley Continental GT lagi-lagi menjadi tolak ukur dari sebuah Grand Tourer,” papar Roland Staehler, COO Bentley Jakarta (PT Grandauto Dinamika/GAD) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Bentley di Indonesia.

Menurut Roland, hanya satu varian yang dipasarkan di Indonesia, yaitu tipe tertinggi dengan mesin bensin TSI W12 6,0-liter twin-turbocharged. Unit New Continental GT yang dipajang pada acara peluncuran memang terlihat masih menggunakan setir kiri (left-hand steering), namun kata Roland, pihaknya memastikan konsumen Indonesia akan mendapatkan unit ini dengan setir kanan (right-hand steering).

New Continental GT tampaknya memang telah membius konsumen di Indonesia sejak penampilan perdananya di Frankfurt Auto Show, Agustus tahun lalu. Tak heran, meski banderolnya dipatok Rp 8,888 milyar (off-the-road, Jakarta) atau sekitar Rp 10 milyar (on-the-road), Bentley Jakarta bahkan telah menerima pemesanan tiga unit supercar tebaru yang diimpor langsung dari Inggris ini sebelum resmi diluncurkan. Di luar sana, harga supercar Bentley GT ini jauh lebih murah, hanya sekitar Rp 3,2 milyar.

Rencananya Bentley Jakarta akan melakukan pengantaran unit Continental GT langsung ke rumah konsumen pada Mei 2018. Selain itu, Bentley Jakarta juga akan memberikan pelatihan kepada konsumen. Konsumen yang telah melakukan pembelian akan mengikuti pelatihan di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 4-8 April 2018 untuk mengetahui lebih jauh mengenai mobil ini. “Kami juga buat program yang sesuai, bahwa dengan setiap pembelian kendaraan ini akan mendapatkan training untuk pengenalan mobil ini. Kami akan mengundang seluruh konsumen New Continental GT untuk mengikuti driving experience di Malaysia. Ini wajib dilakukan, karena mobil ini sangat canggih dan kami berharap mereka dapat merasakan keunggulan Continental GT generasi ketiga ini,” papar Dhani Yahya, Brand Director Bentley Jakarta.

Sejak dibukanya keran impor tahun 1998, populasi mobil Bentley di Indonesia saat ini telah mencapai 170 unit. Model yang beredar juga beragam, mulai dari Bentley Continental GT, Bentley Bentayga hingga Bentley Brooklands. Namun dari jumlah tersebut, sekitar 40 unit adalah Bentley Continental GT. “Mayoritas pemilik Bentley memang terdiri dari para orang ‘berduit’ yang berdomisili di Jakarta. Di kota lain juga ada, dari Surabaya, Bandung, dan Semarang yang tahun lalu baru beli Continental GT. Ada pula pelanggan dari Makassar yang saat ini ‘on discussion’ dengan kami,” ungkap  Brand Director Bentley Jakarta, Dhani Yahya.

Dhany pun mengaku optimis target penjualan 20-an unit Bentley selama 2018 bakal tercapai. Angka target tersebut memang lebih tinggi dari capaian Bentley Jakarta pada 2017 yang ‘hanya’ 12 unit. Menurutnya, tercapainya target berkat kemunculan produk-produk baru Bentley. “Tahun kemarin cukup menantang, karena kami tidak punya model baru. Tapi tahun ini, dengan beberapa produk baru, termasuk Bentley Bentayga, tentunya kami optimis dapat mendapat penjualan lebih baik dari tahun lalu,” pungkasnya.

Kombinasi Mewah dan Canggih

Sejak kemunculan perdananya, New Bentley Continental GT 2018 memang banyak menuai pujian dalam hal desain eksterior dan interior, juga performanya. Tak perlu ditanya lagi soal kemewahan dan build quality-nya, karena memang itu keunggulan utama pabrikan mobil premium asal Inggris ini.

Bagian depan tampil mewah dengan grille berlapis chrome matrix, bumper berkelir hitam, lampu depan LED Matrix dengan High Beam Assist, dan velg berdiamater 21inci. Bagian belakang masih mencuatkan aura ‘coupe’ yang menjadi basis supercar dua-pintu ini, dengan lampu belakang LED dan spoiler sporty. Sementara sil-sil di bagian samping dibuat dari dari serat karbon.

Seluruh eksterior dibangun dengan teknologi revolusioner dan material serba ringan namun sangat kuat. Hasilnya, body New Continental GT sangat kaku namun bobotnya jauh lebih ringan disbanding pendahulunya. Mesin diposisikan jauh di belakang untuk meningkatkan distribusi beban yang lebih baik, focus pengemudi yang baik, dan performa dinamis.

Chassis barunya yang secara teknis sangat adaptif dan terdepan ini menggunakan intelejensi dari Bentley 48-volt Dynamic Ride System, untuk menghasilkan pengendaraan dan handling luar biasa untuk berbagai kondisi permukaan jalan. Sistem baru ini mengontrol kenyamanan berkendara dan ‘roll lateral’, melindungi penumpang dari pergerakan yang berlebihan, serta membuat pengemudian supercar ini tetap terasa presisi.

Di bagian dalam, kabin mewah New Continental GT dikemas dengan detil indah, seperti aksen kayu, bahan kulit Alcantara di seluruh bagian, desain kulit jok terbaru ‘diamond in diamond’, panel serat karbon, serta 15 jenis warna berbeda pada lapisan kulit dan karpet. Bentley juga memperbarui lingkar kemudinya yang kini menganut model 3-spoke, selain  kursi dengan 20-way adjustable.

Secara keseluruhan, interior New Continental GT menampilkan perubahan besar dalam penerapan teknologi yang unik dari Bentley. Panel instrumennya yang ‘driver focused’  misalnya, kini sepenuhnya digital. Tapi yang paling menarik adalah dashboard ‘three-dimensional’ dengan fitur inovatif ‘Bentley Rotating Display’ untuk pengemudi.

Fitur yang disebut terakhir ini dilengkapi layar sentuh retina MMI ukuran 12,3 inci yang ditempatkan di satu unit dengan tiga sisi berbeda. Dengan kata lain, dashboard canggih ini mampu menampilkan tiga bentuk dashboard yang berbeda, memberi Anda pilihan untuk menggunakan yang Anda sukai. Setelah mesin dinyalakan, bagian tengah dashboard akan bergerak dan bergeser menampilkan layar display 12,3inci dengan tiga ‘jendela’ untuk navigasi, telepon dan media lainnya. Mirip dengan mobil ‘James Bond’. Fitur ini bekerja dengan 40 komponen bergerak yang membentuk mekanisme, dan – tentu saja – hanya tersedia di Bentley, lewat pemesanan terlebih dahulu.

Di balik bonnet panjangnya, supercar asal Inggris ini mengusung versi baru yang telah disempurnakan dari mesin TSI W12 6,0-liter twin-turbocharged yang terkenal. Mesin 12 silinder ini mampu menyemburkan tenaga maksimal 626hp pada 5.000-6.000rpm dan torsi puncak hingga 900Nm pada 1.350-4.500rpm. Untuk pertama kalinya pula mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis 8-speed dual-clutch plus sistem penggerak Active All-Wheel Drive. Hasilnya, Continental GT terbaru ini diklaim mampu melejit dari kondisi diam hingga 100km/jam dalam 3,7 detik, dengan top speed mencapai 333km/jam.

Untuk menunjang performa berkendara dan meningkatkan safety dan kenyamanannya, Bentley juga menyematkan beberapa fitur baru seperti Bentley Dynamic Ride, tiga moda berkendara Drive Dynamics Control (Comfort, Bentley, dan Sport), Electric Power-Assisted Steering (EPAS), Active Lane Assist, Traffic Jam Assist, Park Assist, Continuous Damping Control (CDC).

Aspek handling juga diserahkan kepada sistem torque vectoring yang telah ditingkatkan. Sistem ini menurut Bentley pernah digunakan untuk pertama kalinya pada model Continental GT3-R. Begitu pula dengan dinamika berkendara, ditingkatkan lagi melalui setingan suspensi yang lebih keras dan rendah namun tetap menjaga kenyamanan penumpang di dalam kabin. Sedangkan sistem pengereman kini mengandalkan rem titanium yang lima kilogram lebih ringan dan telah dirancang ulang untuk meringankan beban mesin secara maksimal.

Teks dan Foto: Yusran Hakim

 

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *