Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
IgnisOffroad-1

Begini Tampang Suzuki Ignis Jika Dijadikan Off-roader

Modifikator digital asal Indonesia, Raditya Brahmanah, merancang desain Suzuki Ignis off-road, dengan mengambil beberapa komponen eksterior milik Suzuki Jimny. Inilah hasilnya…..

BestCar Indonesia – Meski di pasar India Suzuki Ignis dijual sebagai hatchback,  tapi untuk pasar lain justru diposisikan sebagai crossover mini. Di pasar Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku agen pemegang merek Suzuki bahkan memperkenalkannya sebagai genre baru di kelas SUV (Suzuki Indonesia menyebutnya “Urban SUV”).

“Suzuki Ignis memang dikembangkan sebagai ‘urban SUV’, dengan berbagai kekompakan di dalamnya yang menunjukkan kemudahan dan kenyamanan interior dan tampilan eksterior stylish,” ungkap Yulius Purwanto, Marketing 4W Product Development & Accessories Manager, PT SIS di sela acara launching Suzuki Ignis, beberapa waktu lalu. Dengan label ‘Urban SUV Pertama’ di Indonesia, Suzuki Indomobil Sales bahkan memposisikan Ignis pada segmen yang berbeda dari city car hatchback 5-penumpang yang ada. Itu artinya Suzuki Ignis bisa dibilang tak memiliki kompetitor langsung di segmen yang sama.

Dengan kata lain, Ignis didesain sebagai city car dalam bentuk crossover SUV kompak, bukan city car hatchback yang ditempeli berbagai aksesoris SUV. Itu sebabnya di pasar luar (seperti pasar Eropa, Amerika dan Australia) Ignis juga disediakan dengan sistem penggerak 4-roda (AWD), melengkapi sistem penggerak roda-depan (FWD) yang menjadi basis Urban SUV Suzuki ini.

Tak heran jika karakter ‘all-road’ yang ada pada Ignis memancing modifikator digital asal Indonesia, Raditya Brahmanah dari rumah desain RBA, untuk menciptakan sosok Ignis sebagai off-roader yang siap untuk melibas medan kasar. Lihat saja desain hasil coretan Raditya di atas, yang mengambil karakter ‘all-road’ Ignis sebagai SUV lalu mempertajamnya secara ekstrem untuk memperoleh sosok Urban SUV Suzuki ini dalam wajah sebuah off-roader kompak seperti ‘sepupunya, Suzuki Jimny.

Dalam rancangan desainnya, Raditya memodifikasi Suzuki Ignis standar dengan mengganti bumper aslinya oleh bumper off-road yang dilengkapi lampu kabut terpadu dan aksesoris winch (derek) di bagian bawah bumper. Grille asli juga dicopot dan diganti dengan grille model palang-6 vertikal yang dicomot dari Suzuki Jimny Wide. Di bagian sisi, velg alloy dan ban orisinal Ignis juga diganti dengan velg besi dan ban off-road yang gempal. Lalu spakbor (fender) dilabur kelir abu-abu, ditambahi rocker panel guard yang juga berfungsi sebagai side step, dan ORVM hitam. Di bagian belakang, hanya ada tambahan spoiler atap yang terlihat. Terakhir, Ignis off-road hasil modifikasi Raditya juga dilengkapi snorkel udara yang mencuat dari bagian sisi tengah kap mesin (bonnet) sebelah kiri hingga ke atap yang bagian atasnya juga telah dilengkapi roof rail.

Ignis-6

Sayang, tidak disebutkan apakah secara teknis Suzuki Ignis off-road rancangan Raditya itu dilakukan suspension lifting, ubahan mesin, atau ubahan sistem penggerak roda-depan (FWD) menjadi penggerak empat-roda (4WD). Namun di atas kertas, untuk memodifikasi Suzuki Ignis menjadi sebuah off-roader sejati sebetulnya sangat mungkin dilakukan. Sejak awal Ignis memang telah mengusung platform baru HEARTECT, struktur baru high-rigid underbody bermaterial baja high-tensile yang memungkinkan urban SUV Suzuki ini tetap andal digunakan di jalanan off-road. Selain itu,Ignis juga dibekali struktur body Total Effective Control Technology yang mendukung keselamatan namun 30% lebih ringan dibandingkan struktur body konvensional yang berukuran sama.

Platform baru HEARTECT

Platform baru HEARTECT

Seperti di pasar Indonesia, Suzuki (Maruti) Ignis di pasar India tidak ditawarkan dengan paket modifikasi off-road, namun tersedia dengan berbagai aksesoris personalisasi seperti roof wraps, spoiler atap, garnish lampu kabut, decal (stiker) untuk grille depan, moulding (cetakan) body samping, glass line spoiler, garnish bumper belakang, dan crossbar belakang.

Di pasar India, Suzuki (Maruti) Ignis tersedia dengan berbagai pilihan personalisasi, namun tak satupun yang berbau off-road seperti hasil rancangan Raditya Brahmanah.

Di pasar India, Suzuki (Maruti) Ignis tersedia dengan berbagai pilihan personalisasi, namun tak satupun yang berbau off-road seperti hasil rancangan Raditya Brahmanah.

Ignis-20

Di pasar Indonesia, Suzuki Ignis yang mengusung mesin bensin 1,2liter VVT (bertenaga 81,77hp) ditawarkan dalam dua varian (GL dan GX) dan tiga tipe (GL MT, GX MT dan GX AT), dengan harga mulai dari Rp 139,5 juta hingga Rp 169,5 juta untuk varian tertinggi. Varian terendah (entry level) GL yang dibanderol dengan harga Rp 139,5 juta hanya dibekali dengan satu pilihan transmisi, yaitu Manual lima kecepatan. Sementara varian GX dengan dua pilihan transmisi, Manual 5-speed (untuk varian GX MMT yang dibanderol Rp 159,5 juta) dan Auto Gear Shift (AGS) untuk varian tertinggi GX AGS yang berbanderol Rp 169,5 juta.

Tampil dengan eksterior yang sama sekali tak berbeda dengan unit yang pernah diperkenalkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, Suzuki Ignis yang didatangkan utuh dari Maruti Suzuki, India ini memiliki sederet fitur fungsional, kenyamanan dan safety di atas rata-rata mobil 5-penumpang dengan harga sekelasnya di Indonesia.

“Suzuki Ignis dalah pilihan terbaik bagi para pengendara yang memerlukan kendaraan yang stylish dan modern. Benar-benar ideal bagi kebutuhan kaum urban, apalagi dengan konsumsi bahan bakar yang mencapai 23,64km/liter (untuk varian bertransmisi manual) dan 23,44km/liter (untuk varian bertransmisi AGS) menurut hasil uji yang dilakukan BTTMP-BPPT. Kami berharap Suzuki Ignis dapat memberikan warna baru di dunia otomotif Indonesia,” timpal Setiawan Surya, 4W Deputy Managing Director PT SIS.

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *