Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Batere Baru Mobil Listrik Bisa Dicas Penuh dalam 10 Menit

Para peneliti di Penn State University telah menemukan cara untuk mengisi baterai lithium-ion yang memberi daya penuh pada kendaraan listrik dalam waktu sekitar 10 menit. Teknik baru ini mampu membuat mobil listrik menjelajah hingga 200 mil sebelum mengisi ulang baterainya.

 

BestCar Indonesia – Bayangkan sebuah mobil listrik yang baterainya dapat diisi penuh hanya dalam hitungan menit. Kedengarannya gila, kan?

Tidak juga. Para peneliti di Penn State University baru-baru ini telah merancang rencana untuk jenis baterai baru yang dapat menyediakan daya untuk menjelajah hingga 200 mil seterlah diisi penuh hanya dalam waktu 10 menit. Para ilmuwan melaporkan akhir bulan lalu dalam jurnal Joule, bahwa kunci untuk mengisi baterai mobil listrik lithium-ion tersebut dilakukan dengan  cara memanaskannya pada suhu hingga 140 derajat Fahrenheit, lalu mendinginkannya dalam hitungan menit.

“Selama kita membatasi waktu pemaparan baterai pada suhu tinggi, kita dapat meminimalkan kerusakan baterai,” kata insinyur dan penulis studi Chao-Yang Wang kepada Smithsonian Magazine (smithsonian.com).

Dalam kebanyakan kasus, siklus pemanasan dan pendinginan yang cepat ini dapat menyebabkan usia pakai baterai menjadi pendek, tetapi Wang dan rekan-rekannya percaya bahwa mereka telah menemukan jalan keluar dengan membatasi jumlah waktu baterai terpapar pada suhu tertentu. Ini semua berkat lapisan tipis foil nikel yang menyerap panas berlebih dan mendistribusikan daya secara merata ke baterai.

Cara baru ini akan meringankan tantangan signifikan yang dihadapi kendaraan listrik di pasar. Seringkali, waktu pengisian sangat lambat, dan jarak tempuh per pengisian daya tidak selalu cukup untuk membuatnya mencapai stasiun pengisian daya ke yang berikutnya dalam perjalanan panjang.

Oke, ini mungkin masih jauh dari pengisian daya super cepat seperrti yang diimpikan semua pemilik kendaraan liastrik, tetapi para ilmuwan dan insinyur di seluruh dunia terus bekerja untuk meningkatkan jarak tempuh dan mempercepat waktu pengisian daya.

 

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *