BestCar Indonesia – PT Toyota-Astra Motor (TAM) secara simbolis menyerahkan produk pertama Multi Activity Vehicle (MAV) All New Sienta kepada para pelanggan di Jakarta, Selasa (26/07-2016). Seremonial bertajuk New Sienta Handover Ceremony ini akan dilakukan juga di sejumlah kota besar lainnya di Indonesia.
“Ini merupakan wujud penghargaan secara resmi Toyota kepada pelanggan atas kesabaran menunggu sejak mobil ini diperkenalkan pada April lalu di ajang International Indonesia Motor Show (IIMS) 2016. Kami sangat menghargai kesabaran pelanggan menunggu All New Sienta yang sudah mereka pesan sejak IIMS 2016 lalu,” kata President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Fukui pada acara All New Sienta Handover Ceremony, di Jakarta, Selasa (26/07-2016).
TAM mengaku sejak diperkenalkan pada IIMS 2016, All New Sienta berhasil mendapat respon positif dari berbagai kalangan. “Survei menunjukkan bahwa masyarakat di Indonesia semakin membutuhkan kendaraan yang mampu memberikan kenyamanan sejalan dengan makin padatnya lalu lintas, terutama di kota-kota besar. Kami berharap, kehadiran All New Sienta sebagai produk Multi Activity Vehicle akan menjadi salah satu pilihan terbaik bagi masyarakat Indonesia dan meraih sukses seperti produk Toyota lainya yang sudah lama hadir di Indonesia,” kata Fukui.
Indonesia tercatat sebagai negara pertama di luar Jepang yang memproduksi Sienta. Melalui kehadiran All New Sienta ini diharapkan dapat.memberikan dampak positif terhadap perkembangan industri otomotif nasional, sebagai bagian dari komitmen panjang Toyota yang sudah 45 tahun hadir di Indonesia. All New Sienta yang diproduksi oleh PT Toyota Motor Manufaturing Indonesia (TMMIN) Karawang Plant Jawa Barat ini diklaim telah memiliki kandungan lokal yang tinggi, karena menggunakan mesin NR berteknologi dual VVT-i yang juga diproduksi di dalam negeri. Dengan teknologi terbaru dan berbahan dasar aluminium, mesin NR produksi TMMIN tidak hanya dikenal efisien tapi juga ramah lingkungan.
Di tengah kondisi pasar otomotif nasional yang semakin kompetitif, kehadiran Sienta diharapkan lebih mamacu kinerja penjualan Toyota sehingga mampu mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar seperti saat ini. Selama Juni 2016 lalu, Toyota kembali berhasil mencetak penjualan di segmen retail secara signifikan sebesar 36.564 unit dengan market share 38,1% terhadap pasar otomotif nasional. Dengan demikian, penjualan Toyota sepanjang Semester I 2016 telah mencapai angka 187.438 unit, naik 11,9% dibandingkan periode yang sama pada 2015 lalu atau jauh di atas rata-rata pertumbuhan pasar otomotif nasional.
Teks: Yusran Hakim