Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

All New Suzuki jimny dan Jimny Sierra Gen-4 2019 Mulai Dijual Juli ini

Setelah 20 tahun, Suzuki akhirnya resmi meluncurkan All New Jimny generasi keempat. Mulai dijual di pasar Jepang (Japan Domestic Market/JDM) pada awal Juni 2018 ini, sementara untuk pasar lain kemungkinan baru mulai dijual pada akhir 2018 atau awal 2019. Bakal masuk juga kah ke Indonesia?

BestCar Indonesia – Jika tak ada aral melintang, Suzuki Jimny dan varian Jimny Sierra generasi keempat bakal membuat debut publiknya di pasar Jepang pada awal Juli 2018 ini. Suzuki Motor Corporation (SMC) bahkan telah menyebarkan berbagai gambar resmi jip mungil 4×4 legendaris Suzuki terbaru tersebut. Di Jepang, akan ada dua varian yang ditawarkan yaitu Suzuki Jimny dan Suzuki Jimny Sierra. Masing-masing merupakan jip kompak 3-pintu berpenggerak 4-roda (4×4).

Untuk urusan desain Suzuki Jimny terbaru ini, para desainer Suzuki sengaja mengadopsi pendekatan ‘neo-retro’. Paling mencolok terlihat pada grille berwarna hitam yang tetap mempertahankan model bilah vertikal khas Jimny seperti ‘leluhurnya’. Juga lampu depan bulat, indikator bulat, dengan bumper depan dan belakang dilabur kelir hitam. Sementara lampu kabut dan lampu belakang dipasang di bumper, dan ban serep model ‘konde’ yang digantung di pintu bagasi. Nyaris tak ada yang berubah dari para pendahulunya, meski secara keseluruhan tampilan Jimny generasi keempat ini terasa lebih modern.

Meski meluncurkan dua varian – All New Jimny dan Jimny Sierra — untuk debut publiknya di pasar Jepang (Japan Domestic Market/JDM), Suzuki Motor Corporation (SMC) memberi sinyal bahwa model varian Jimny Sierra mungkin akan menjadi salah satu yang akan dijual di pasar di luar Jepang. Berbeda dengan All New Jimny standar, model varian Jimny Sierra tampil lebih sporty berkat bumper yang lebih lebar, lapisan pelindung tambahan di sekitar lengkungan roda dan sisi, dan ban lebih tebal yang melilit velg alloy velg alloy 5-palang yang tampak berbeda.

Setelah 20 tahun, Suzuki akhirnya resmi meluncurkan All New Jimny generasi keempat. Mulai dijual di pasar Jepang (Japan Domestic Market/JDM) pada awal Juni 2018 ini, sementara untuk pasar lain kemungkinan baru mulai dijual pada akhir 2018 atau awal 2019.

Meski masih terlihat ‘spartan’ khas kendaraan 4×4, kabin Suzuki Jumny generasi keempat dibekali berbagai fitur canggih, mulai dari roda kemudi multifungsi, sistem hiburan layar sentuh 7-inci Smartplay, kontrol iklim otomatis, dan banyak lagi.Untuk pasar Jepang (JDM), Suzuki All New Jimny generasi keempat akan tersedia dalam tiga tipe/trim, yaitu XC, XL, dan XG. Brosur-brosur yang berisi daftar fitur masing-masing tipe jip legendaris generasi terbaru Suzuki ini bahkan telah beredar sejak dua pekan lalu di Jepang. Tipe standar XG, misalnya, dibekali fitur safety airbag untuk pengendara dan penumpang bagian depan, SRS curtain airbags, airbag samping SRS di bangku depan, lampu depan halogen, lampu kabut, AC manual, 2-speaker, dan velg baja ukuran 16inci.

Sedangkan untuk All New Suzuki Jimny tipe XL ada tambahan fitur kontrol iklim otomatis, tombol start/stop engine, keyless entry, ORVM (spion luar) elektrik yang retractable (dapat dilipat), dan kaca smoked. Selain dibekali dengan sederet fitur yang ada pada tipe XG dan XL, tipe tertinggi Suzuki Jimny XC memperoleh tambahan fitur berupa rem yang didukung oleh sensor ganda, lampu depan LED, headlamp washer, cruise control, lampu sein LED yang terintegrasi di spion luar, dan velg alloy 16inci.

Di pasar Jepang, Suzuki All New Jimny ditawarkan dalam tiga tipe, yaitu XC, XL, dan XG

Sementara model varian Jimny Sierra ditawarkan hanya dalam dua tipe/trim, yaitu JC dan JL. Untuk tipe JL, Jimny Sierra dibekali lampu kabut halogen multi-reflektor, pendingin ruangan otomatis (AC), tombol start engine dengan keyless, spion luar elektrik retractable, kaca smoked, velg baja ukuran 15inci. Sedangkan Suzuki Jimny Sierra tipe JC mendapat lampu depan LED, headlight washer, cruise control, lampu sein LED yang terintegrasi di spion luar, velg aluminium ukuran 15inci, dan rem yang dilengkapi dengan sensor ganda.

Varian Jimny Sierra bermesin 1,5liter ditawarkan dalam dua tipe, yaitu JC dan JL

Sesuai kategorisasi ‘kei car’ di Jepang, Suzuki All New Jimny untuk pasar Jepang dibekali mesin bensin 3-silinder segaris berkapasitas 660cc dengan transmisi manual 5-speed atau transmisi otomatis 4-speed. Meski kapasitasnya tergolong kecil, mesin ini mampu menghasilkan power maksimal 64PS pada 6.000rpm dan torsi puncak 95Nm pada 3.000 rpm. Sistem penggerak 4-roda (4WD/4×4) model ‘part time’ dengan low range transfer gear (4L) di transfer case-nya juga disediakan untuk varian Suzuki All New Jimny.

Sementara Suzuki All New Jimny Sierra bakal memperoleh mesin bensin 1,5-liter berkode K15B seperti yang digunakan pada Suzuki All New Ertiga 2018 yang beredar di pasar Indonesia. Mesin 4-silinder ini mampu meletupkan tenaga hingga 104,7PS pada 6.000rpm dan menggapai torsi puncak 138Nm pada 4.400rpm. Seperti halnya All New Jimny 660cc, Jimny Sierra 1,5L juga memperoleh pilihan transmisi manual 5-speed dan transmisi otomatis 4-speed. Begitu pula dengan sistem penggerak 4-rodanya yang mengusung model part-time dengan low range transfer gear (4L) di transfer case-nya, tersedia sebagai fitur standar pada Jimny Sierra generasi keempat ini.

Platform All-new Suzuki Jimny 2019 berbasis ladder frame

Sejauh ini Suzuki Motor Corporation (SMC) memang belum melansir secara resmi spesifikasi detil Suzuki All New Jimny dan Jimny Sierra. Namun yang pasti, di situs global Suzuki disebutkan bahwa platform Suzuki Jimny generasi keempat ini berbasis pada ladder frame (chassis model tangga) seperti para pendahulunya. Sistem suspensi juga tak jauh berbeda dengan Suzuki Jimny Wide (generasi ketiga yang beredar sejak 1998 di pasar global), yaitu gardan rigid (rigid axle) dengan 3-link dan per keong di bagian depan dan belakang.

Situs resmi Suzuki juga mencantumkan pilihan warna yang akan ditawarkan untuk All New Jimny. Ada dua skema warna yang disediakan, yaitu two-tone dengan atap hitam — yang terdiri dari pilihan warna body Kinetic Yellow, Brisk Blue Metallic, dan Chiffon Ivory Metallic – dan single-tone dengan pilihan warna body Jungle Green, Bluish Black Pearl 3, Medium Grey, Silky Silver Metallic, dan Superior White. Selain itu, All New Jimny versi JDM juga tersedia dalam pilihan warna Pure White Pearl Shade dan Kinetic Yellow two-tone dengan atap dan kap mesin (bonnet) berwarna hitam juga.

Ditawarkan dalam dua skema warna, two tone dan single tone, secara keseluruhan ada 8 pilihan warna untuk All New Jimny 2019 di pasar Jepang

Meskipun telah terdaftar di situs web global, Suzuki Motor Corporation (SMC) sendiri belum mengumumkan rencana peluncuran global Suzuki Jimny 2019. Namun, seperti yang dikutip dari majalah Autocar, CEO Suzuki Toshihiro Suzuki telah berkomitmen bahwa semua produk All New Jimny, kecuali varian 660cc (Kei car) versi JDM, akan diluncurkan juga untuk pasar Asia, khususnya di India. Untuk pasar Indonesia? Sejauh ini Suzuki Indonesia (PT Suzuki Indomobil Sales/SIS) belum mengonfirmasi secara resmi bakal memasukkan juga All New Jimny, namun mengaku tertarik memboyong Jimny generasi terbaru itu ke Indonesia.

“Belum ada komunikasi dengan prinsipal (SMC) soal ini, namun tentu kita tertarik, mengingat Suzuki Jimny yang punya sejarah panjang di Indonesia ini sangat familiar dan memiliki pasar tersendiri di Indonesia. Apapun yg diciptakan oleh selaku prinsipal, Basically, produk-produk Suzuki Motor Corporation (SMC) mestinya bisa fit di Indonesia, karena Indonesia merupakan salah satu pilar terbesar suzuki secara global,” papar Head of Product Development & Marketing Research SIS Harold Donel.

Nah, jika benar Suzuki Indonesia bakal memboyong Jimny generasi keempat ke Indonesia, tentu ini kabar baik yang bakal mampu memuaskan dahaga para penggila off-roader mungil Suzuki yang legendaris di Tanah Air. Tunggu saja….

 

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *