Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

All New Range Rover Evoque Resmi Mengaspal, Hanya Tersedia 15 Unit Tahun ini

Range Rover Evoque model terbaru ini hampir 100% menggunakan parts baru dan fitur baru yang banyak mengadospsi teknologi Range Rover Velar, termasuk fitur berteknologi baru ClearSight Ground View dan Wade Sensing yang untuk pertama kalinya diadopsi pada Evoque generasi kedua ini.

BestCar Indonesia – Sekitar 10 bulan setelah peluncuran globalnya, November tahun lalu, generasi terbaru SUV kompak luxury All New Range Rover Evoque akhirnya resmi meluncur di Indonesia, Jumat (02/08/2019). PT Wahana Auto Ekamarga (WAE), Authorized Distributor Jaguar Land Rover (JLR) di Indonesia, mengatakan bahwa model paling kompak dalam line-up Range Rover yang dibanderol mulai dari Rp 1,7 miliar (off-the-road, Jakarta) ini hanya kebagian jatah 15 unit saja untuk alokasi tahun 2019 ini.

Range Rover Evoque merupakan pionir SUV kompak luxury 5-seater di dunia, dan telah terjual lebih dari 770.000 unit di seluruh dunia sejak debutnya tahun 2011 silam. Di Indonesia sendiri, Evoque tercatat sebagai model yang paling laris dalam line-up Range Rover yang dipasarkan Jaguar-Land Rover (JLR) di Indonesia, dengan total populasi saat ini hampir mencapai 300 unit sejak resmi dipasarkan di Indonesia 7 tahun lalu —  dengan dominasi (sekitar 90 persen) pengguna dan pembelinya berasal dari Kota Jakarta.

“Range Rover Evoque adalah model yang paling laris di pasar Indonesia selama ini. Namun untuk model terbarunya ini kami hanya memperoleh jatah 15 unit hingga akhir tahun, itupun sekitar setengahnya sudah terpesan. Untuk tahun depan kita belum tahu, karena masih menunggu alokasinya dari principal di Inggris. Jika permintaan naik pesat, tentu akan ada kuota lagi,” ungkap Jentri Izhar, Brand Director Jaguar Land Rover di sela acara peluncuran All New Range Rover Evoque, Jumat (02/08/2019).

Dengan kondisi seperti itu, lanjut Jentri, konsumen yang melakukan pembelian All New Range Rover Evoque harus menunggu sekitar 5 sampai 6 bulan sampai unitnya tiba di tempat. Durasi indent tersebut, kata Jentri, sudah termasuk bagi konsumen yang ingin melakukan kustomisasi pada pilihan warna bodi serta material interior yang menampilkan personalisasi pemiliknya.

Dibanderol Rp 1,7 miliar atau bisa mencapai sekitar Rp 2,1 – 2,2 milyar (on-the-road, Jakarta), itu berarti ada kenaikan harga sekitar Rp 50 juta dari harga Range Rover Evoque versi sebelumnya. Mahal? “Sebenarnya itu kenaikan yang sangat setimpal, bahkan terhitung murah jika dikompensasi dengan sejumlah fitur terbaru yang belum pernah ada di Evoque versi lama. Evoque model terbaru ini hampir 100% menggunakan parts baru, fitur baru yang banyak mengadospsi teknologi Range Rover Velar ke model ini,” ungkap Jentri Izhar.

Tapi lupakan dulu soal kuota dan indent itu. Sekarang, coba lihat apa yang ditawarkan Range Rover Evoque generasi kedua ini. Yang pasti, Land Rover mengklaim All New Evoque merupakan evolusi terkini yang memperoleh berbagai teknologi terbaru pabrikan asal Inggris itu, untuk memenuhi kebutuhan para konsumen SUV kelas premium.

Berbeda dengan generasi pertama, Range Evoque generasi kedua ini dibangun di atas platform baru Premium Transverse Architecture (PTA) yang dikembangkan Land Rover. Dengan panjang total 4.371 mm, lebar 2.100mm, tinggi 1.649mm serta jarak sumbu roda (wheelbase) yang bertambah 21mm (menjadi 2.681mm), platform baru ini memberi beberapa keuntungan. Di antaranya, meningkatkan handling jauh lebih baik, meningkatkan volume ruang di bangku baris kedua, dan mengakomodasi teknologi MHEV (Mild Hybrid Electric Vehicle) – secara cerdik menggabungkan mesin bensin Ingenium dan diesel Land Rover yang efisien dengan baterai di bawah lantai yang kuat, sehingga mesin dapat dimatikan saat meluncur, direm, atau dalam kondisi diam. All New Evoque adalah hybrid ringan pertama Land Rover. Powertrain listrik yang efisien ini menjadikannya menjadi SUV yang ideal untuk berkendara di tengah lalu lintas kota yang macet.

Secara eksterior, All New Evoque tetap mempertahankan profilnya desain serupa coupe, dengan garis atap melandai dan bagian pinggang tinggi. Kendati begitu, secara eksterior tampilan All New Evoque Evoque terlihat lebih modern dengan desain yang lebih ‘clean’.

Tampilan ‘clean’ yang mencolok tersebut antara lain berkat rancangan para desainer dan insinyur Land Rover yang berhasil membuat celah panel-panel eksterior pada New Evoque semakin kecil. Desain pegangan pintu yang dibikin tersamar juga berperan, selain desain kaca jendela gelap yang ‘menghilangkan’ pilar B dan C serta membuat atap seolah menggantung (floating roof). Proporsinya semakin kuat dengan garis bahu menonjol dan fender masif untuk mengakomodir lingkar roda dengan velg hingga 21inci. Clean, kokoh, sekaligus dinamis.

Fascia depannya juga berubah, kini mengadopsi wajah Range Rover Velar, dengan lampu depan Matrix LED berbentuk horizontal yang sangat ramping. Begitu pula dengan lampu belakangnya, mengadopsi lampu Matrix LED. Bagian belakang All New Evoque juga diberi sentuhan aksen hitam yang membentang di antara dua lampu belakang, menambah kesan lebar dan kokoh.

Kabin All New Evoque pun tak luput dari penyempurnaan. Secara keseluruhan, kabinnya kini lebih luas berkat wheelbase-nya yang bertambah 21mm, menghasilkan ruang kaki dan lutut penumpang di bangku baris kedua yang lebih lega. Bagasi All New Evoque juga bertambah 10%, dengan volume maksimal kini mencapai 591 liter.

Tempat penyimpanan barang di pintu depan juga ditingkatkan volumenya, lebih dari 60%. Begitu pula dengan cubby box tengah, yang kini 80% lebih besar dari sebelumnya. Sementara ruang di bawah area konsol tengah bertambah luas lebih dari 34%.

Tak hanya lebih lapang, Land Rover juga meningkatkan kemewahan interiornya, termasuk lewat penggunaan 33kg material alam dan daur ulang yang ramah lingkungan. Konsumen dapat memilih material pelapis kabin alternatif, selain bahan kulit yang dikembangkan oleh pakar tekstil asal Denmark, Kvdrat. Di antaranya adalah material kualitas tinggi yang mengombinasikan campuran wol tahan lama dengan kain katun Dinamica, yang terbuat dari 53 botol plastik daur ulang untuk setiap mobil. Selain itu, pelanggan juga dapat memilih bahan tekstil serat alami yang berasal dari pohon Eucalyptus.

Jok pengemudi All New Evoque dilengkapi pengaturan secara elektrik dengan 14 arah pengaturan. Sementara di dashboard tersemat sistem infotainment Touch Pro Duo yang menampilkan dua layar besar, sebagai pusat pengendali digital di dalam kabin. Masing-masing layar tersebut terdiri dari layar sentuh infotainment dual high-definition berukuran 10 inci dan layar panel instrumen TFT high resolution ukuran 12,3inci dibalik lingkar kemudi – panel display interaktif ini menyajikan berbagai informasi, mulai dari data entertainmen, berbagai informasi berkendara, data safety, hingga navigasi, telepon dan multi media. Itu masih ditambah pula dengan head-up display berwarna yang terpasang di dashboard dan diproyeksikan ke kaca depan.

Tersedia juga dudukan tablet Click & Go yang dapat mengisi daya secara otomatis, selain hotspot WiFi 4G yang dapat tersambung hingga 8 perangkat, enam port USB yang terbagi di setiap baris joknya, pengaturan AC climate control 2-zona, serta panoramic sunroof.

Di balik bonnet lebarnya, All New Evoque mengandalkan mesin bensin Ingenium 4-silinder segaris 2,0 liter dengan turbocharger. Mesin ini diklaim mampu memproduksi tenaga hingga 249 PS dan torsi puncak 365Nm. Seluruh daya mesin diteruskan ke roda melalu i transmisi otomatis 9-speed lansiran ZF yang telah dilengkapi dengan fitur Command Shift.

 

Fitur Berteknologi Canggih

Sebagai sebuah SUV luxury, Evoque dilengkapi dengan beragam fitur keselamatan (safety) dan keamanan (security). Mencakup mulai dari driver and passanger airbag (front, side, dan curtain), sistem pengereman (Emergency Brake Assist/EBA; Anti-lock Braking System/ABS dengan power assisted, Electronic Parking Brake, dan EBD), Roll Stability Control (RSC), Dynamic Stability Control (DSC), Electronic Traction Control (ETC), Gradient Release Control, Hill Start Assist (HSA), Blind Spot Assist, dan Keyless Entry with Electronic Immobilizer.

Selain itu, masih ada ada juga Adaptive Cruise  Control, kamera parking 360 derajat, serta ClearSight Interior Rear View Mirror. Nah, yang disebut terakhir ini adalah fitur terbaru yang diadopsi dari Range Rover Velar. Fitur ini bisa berfungsi sebagai kaca spion normal dalam untuk Anda, tetapi dengan satu sentuhan tombol, dalam sekejap, kaca spion ini bisa berubah menjadi layar video HD yang menyediakan bidang visi 50o yang memproyeksikan apa yang ada di belakang mobil, melalui kamera belakang. Hebatnya, layar video HD di spion tengah ini mampu memberikan visibilitas superior dalam cahaya rendah. Sangat bagus bagi All New Evoque memiliki fitur ini, mengingat jendela belakangnya sangat sempit. Belum lagi, jika ada muatan besar di bagasi atau penumpang belakang berpostur tinggi-besar yang menghalangi pandangan pengemudi ke belakang. Dengan beralih ke mode layar video HD, semua hambatan itu hilang!

ClearSight Interior Rear View Mirror

Tentu saja, sebagai kendaraan berpenggerak 4-roda sejati, All New Evoque juga dibekali sederet ‘gears’ berteknologi modern untuk meningkatkan kemampuannya melibas segala medan. Seperti pendahulunya, Evoque generasi kedua dengan sistem penggerak 4-roda full-time 4WD ini juga dilengkapi dengan fitur Land Rover Terrain Response 2 yang menyuguhkan berbagai pengaturan pengendalian sesuai dengan medan off-road yang akan dilalui, mulai dari Sand (medan berpasir), Mud (medan berlumpur), hingga Snow (medan bersalju). Selain itu, ada All Terrain Progress Control (ATPC), Hill Descent Control (DSC) dan Low Traction Launch.

Di luar itu, setidaknya ada dua fitur paling baru yang kini disematkan untuk All New Evoque, yaitu ClearSight Ground View dan Wade Sensing. Evoque generasi kedua ini merupakan model kendaraan pertama yang menampilkan teknologi baru ClearSight Ground View dari Land Rover. Seperti halnya ClearSight Interior Rear View Mirror, fitur ClearSight Ground View juga mengandalkan kamera untuk meneruskan citra kondisi riil di depan dan kolong depan mobil ke layar monitor di dashboard dalam bentuk video.

ClearSight Ground View

Menggunakan kamera di bagian depan mobil (di grille dan spion samping di pintu) untuk menangkap situasi ruang di sekitar bagian depan mobil dan di bawahnya, citra ini kemudian diteruskan ke layar sentuh tengah untuk menunjukkan apa yang ada di depan dan di kolong bagian depan dengan tampilan virtual 180o. Fitur ini dirancang untuk membantu pengemudi mempertahankan visibilitas dalam situasi sulit, sehingga mampu menghindari objek berbahaya yang ada di depan dan di kolong bagian depan yang tak terjangkau visibilitas Anda. Misalnya, batu besar atau lubang dalam di kolong mobil saat Anda berkendara off-road, atau bisa juga trotoar yang tinggi di area parkir.

Sementara fitur Wade Sensing akan membantu pengemudi mendeteksi kedalaman genangan air yang harus dihadapi di depan mobil. Sesuai spesifikasinya, All New Evoque dirancang untuk mampu menerabas genangan air dengan kedalaman hingga 600mm (60cm), diklaim sebagai yang terbaik di kelasnya. Wade Sensing mampu mendeteksi kedalaman air hingga 600mm. “Kami ingin membuktikan bahwa All New Evoque ini tidak hanya sekadar stylish, tapi ia memang dirancang sebagai off-roader mampu digunakan di berbagai medan jalan, bahkan yang ekstrem seperti medan off-road berat sekalipun,” tutup Jentri Izhar.

 

Teks: Yusran Hakim

Foto: Tito B. Setiawan

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *