Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Sosok Mitsubishi New ECLIPSE CROSS Terungkap, Meluncur di Australia November ini

New ECLIPSE CROSS menggunakan sistem PHEV 4WD motor ganda yang sama dengan modifikasi khusus untuk ukuran dan berat chassis ECLIPSE CROSS. Arsitektur PHEV yang unik terdiri dari satu motor listrik berdaya tinggi di depan dan satu belakang, baterai penggerak berkapasitas besar, dan mesin MIVEC 2,4-liter dengan gearbox planetary kecepatan tunggal, memungkinkan akselerasi cepat, senyap, namun bertenaga yang unik untuk kendaraan elektrik.

 

BestCar Indonesia – MITSUBISHI MOTORS CORPORATION (MMC) secara resmi mengungkap sosok New ECLIPSE CROSS untuk pasar Jepang, Kamis (15/10/2020). Tampil lebih ramping dan sporty, model SUV terbaru Mitsubishi ini juga akan ditawarkan dengan pilihan powertrain plug-in hybrid (PHEV) di pasar tertentu, untuk memenuhi beragam kebutuhan pelanggan yang mencari alternatif yang lebih berkelanjutan.

Model bermesin bensin New ECLIPSE CROSS akan diluncurkan pertama kali di Australia dan Selandia Baru pada bulan November 2020 ini, dengan varian PHEV tersedia pada tahun 2021. Baik varian bensin dan PHEV mulai melakukan preorder hari ini di Jepang, dan akan tersedia akhir tahun ini. Di Amerika Utara, model bensin akan debut pada kuartal pertama 2021, namun tidak ada rencana saat ini untuk menambahkan model PHEV untuk pasar tersebut.

“Sejak kami mulai memikirkan kembali New ECLIPSE CROSS, kami ingin menunjukkan sebuah sikap peningkatan untuk performa jalan dan ramah lingkungan, semua dengan gaya yang menonjol yang akan membawa SUV ini ke level berikutnya,” kata Minoru Uehara, kepala spesialis produk MMC yang bertanggung jawab untuk memimpin dan memfasilitasi pembuatan ECLIPSE CROSS baru. “Selain eksterior kontemporer dan interior yang nyaman dan cerdas, sistem Super All Wheel Control (S-AWC) MITSUBISHI MOTORS yang legendaris memastikan bahwa pengemudi selalu memegang kendali untuk petualangan mereka berikutnya,” tambahnya.

 

Penyegaran Desain Luar-Dalam

New ECLIPSE CROSS yang didesain ulang menampilkan peningkatan gaya yang signifikan, menghasilkan tampilan SUV yang ramping dan sporty. Belum pernah ada kendaraan Mitsubishi yang desainnya begitu maju, karena ECLIPSE CROSS menghadirkan kecanggihan ke level berikutnya. Hasilnya adalah kendaraan yang terlihat ramping, stabil, mewah, dan unik.

Bagian depan mengadopsi versi evolusi dari konsep desain Dynamic Shield khas Mitsubishi, mengekspresikan kekuatan dan keamanan. Pelindung bumper depan baru dan tata letak lampu yang disegarkan melengkapi desain depan dengan tampilan yang berani dan dinamis.

Siluet ramping berlanjut ke belakang dengan palka dan jendela belakang yang didesain ulang, memberikan gaya SUV yang lebih canggih dan menghasilkan visibilitas belakang yang lebih baik. Lampu belakang tiga dimensi ECLIPSE CROSS yang ikonik menjulur ke atas dan ke dalam, serta menyempurnakan tampilan yang stabil dan lebar. Pintu belakang baru menampilkan desain segi enam terpahat tajam, mengingatkan pada bentuk ban serep ‘gantung’ yang menjadi ikon SUV Mitsubishi, sekaligus memadukan gaya ramping dan elegan dengan ekspektasi ketangguhan dan keandalan SUV.

Interior ECLIPSE CROSS PHEV dengan light gray leather seats (Spesifikasi Jepang)

 

Interior ECLIPSE CROSS model bermesin bensin (Spesifikasi Australia)

Di dalam kabin, interior hitam baru dengan aksen perak dan jok kulit abu-abu muda (spesifikasi kendaraan dapat berbeda, tergantung model atau negara), menciptakan tampilan yang lebih berkelas. Trim pintu juga berkoordinasi dengan warna jok mobil untuk menampilkan ruang interior yang sporty dan berkualitas tinggi. Interior ECLIPSE CROSS selalu menjadi tempat yang menyenangkan dan nyaman untuk menghabiskan waktu, dan perubahan baru memindahkannya ke tingkat yang lebih menyenangkan dan kelas atas.

Sistem audio display link-smartphone (SDA) ukuran 8 inci yang baru hadir sebagai fitur standar, memberikan pengemudi informasi yang lebih baik dan pengoperasian lebih mudah. Layar telah dipindahkan lebih dekat ke pengemudi dan penumpang di kursi depan untuk kemudahan penggunaan, dan sekarang dilengkapi tombol volume dan pemutar untuk referensi cepat. Panel sentuh yang sebelumnya digunakan untuk beberapa fungsi telah dihilangkan agar memungkinkan lebih banyak ruang penyimpanan di konsol tengah.

 

Ramah Lingkungan dan Dinamis

Penambahan powertrain PHEV terbaru mengoptimalkan efisiensi energi dan menawarkan pengalaman berkendara yang mulus. Mengendarai kesuksesan OUTLANDER PHEV yang merupakan PHEV terlaris di dunia (sumber: Data penjualan internal MITSUBISHI MOTORS periode Januari 2013 hingga Maret 2020), New ECLIPSE CROSS menggunakan sistem PHEV 4WD motor ganda yang sama dengan modifikasi khusus untuk ukuran dan berat chassis ECLIPSE CROSS. Arsitektur PHEV yang unik terdiri dari satu motor listrik berdaya tinggi di depan dan satu belakang, baterai penggerak berkapasitas besar, dan mesin MIVEC 2,4-liter dengan gearbox planetary kecepatan tunggal, memungkinkan akselerasi cepat, senyap, namun bertenaga yang unik untuk kendaraan elektrik.

ECLIPSE CROSS PHEV (spesifikasi Jepang)

Untuk varian PHEV, sistem secara otomatis memilih dari tiga mode berkendara untuk menyesuaikan berbagai kondisi: EV, Series Hybrid atau Parallel Hybrid. Baterai traksi juga dapat digunakan sebagai sumber listrik yang andal untuk bersantai di luar ruangan atau dalam keadaan darurat, karena dapat memasok daya hingga 1.500 watt dari outlet on-board. Ketika kendaraan telah terisi penuh dan diisi bahan bakar, kendaraan tersebut dapat memasok listrik ke rumah tangga umum hingga 10 hari (jumlah daya didasarkan pada kalkulasi internal MITSUBISHI MOTORS, dengan asumsi bahwa jumlah daya yang digunakan per hari di rumah tangga umum adalah sekitar 10kWh per hari, dan tidak termasuk efisiensi konversi peralatan V2H dan perangkat sejenis) melalui sistem Vehicle-to-Home.

Dibawa dari model sebelumnya, ECLIPSE CROSS juga tersedia dengan mesin bensin empat silinder turbocharged injeksi langsung Mitsubishi Motors MIVEC berkapasitas 1,5 liter. Desain yang benar-benar modern, mesin MIVEC terbuat dari aluminium untuk menghasilkan bobot ringan, dan dengan sempurna menyeimbangkan prioritas daya dan efisiensi yang tampaknya berbeda.

Sistem S-AWC MITSUBISHI MOTORS memberikan penanganan yang stabil dan kontrol yang presisi, memberikan kepercayaan diri pengemudi untuk menaklukkan kondisi jalan raya dengan mudah. Pegas di penyangga MacPherson depan dan suspensi multi-link belakang telah disetel dengan baik. Bersama dengan peredam suspensi belakang yang diperbesar, ECLIPSE CROSS memberikan kinerja S-AWC dan sangat meningkatkan kemampuan manuver.

Menggabungkan keserbagunaan SUV dengan desain yang berani dan khas, ECLIPSE CROSS telah memenangkan banyak penghargaan global, termasuk Good Design Award pada 2018 dan RJC Car of the Year pada 2019.

 

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *