Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
HONDABRV

2016, Honda Targetkan 180 Ribu Unit

BestCar Indonesia – PT. Honda Prospect Motor (HPM), agen pemegang merek Honda di Indonesia menargetkan peningkatan penjualan sepanjang tahun 2016 ini dengan 180.000 unit. Optimisme Honda itu didasari oleh berbagai penyegaran model yang akan diperkenalkan ke depan, terutama Honda BR-V yang mulai dijual di tahun ini.

Untuk mendukung pencapaian target di tahun 2016 ini, menurut Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT HPM, Honda juga terus memaksimalkan pelayanan purnajual dan memperluas jaringan dealer resmi ke lebih banyak lagi kota di seluruh wilayah Indonesia. Sampai akhir tahun 2015, lanjut Jonfis, secara total Honda telah memiliki 151 dealer resmi serta subdealer dengan fasilitas 3S (Sales, Service, Spare Parts) yang tersebar di berbagai kota seluruh wilayah Indonesia. “Dan tahun 2016 ini Honda berencana akan mengekspansi jaringan dealernya menjadi 200 dealer di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Masih menurut Jonfis, pada tahun 2016 ini pasar otomotif diperkirakan akan mencapai angka penjualan total yang tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya. Peningkatan penjualan diperkirakan akan terjadi di segmen SUV (sport utility vehicle), LSUV (low-end SUV) dan LCGC (low cost green car), sementara segmen LMPV (low-end MPV/multy purpose vehicle) akan tetap menjadi segmen terbesar dari total pasar otomotif. “Tahun ini model SUV dan LSUV akan terus menjadi tren yang digemari konsumen Indonesia. Kesuksesan penjualan Honda HR-V di tahun lalu serta pemesanan Honda BR-V yang saat ini telah melampaui 6.500 unit di seluruh Indonesia semakin menegaskan tren SUV ini,” papar Jonfis Fandy.

Tumbuh 109,4% pada 2015

Honda menutup tahun 2015 dengan predikat sebagai satu-satunya pabrikan yang mencatat pertumbuhan penjualan positif di antara 5 besar merek mobil di Indonesia. Dengan total penjualan retail mencapai 166.258 unit di sepanjang tahun 2015, penjualan Honda tumbuh sebesar 109,4% dari penjualan tahun 2014 yang tercatat sebesar 151.904 unit.

Total penjualan yang diraih Honda tersebut sekaligus tercatat sebagai rekor penjualan tahunan tertinggi yang pernah dicapai Honda di Indonesia. Tak hanya itu, Honda juga berhasil meningkatkan pangsa pasar dari 12,7% di tahun 2014 menjadi 16,1% di akhir tahun 2015.

Sampai akhir 2015 lalu, Honda menduduki posisi ketiga untuk penjualan mobil secara total di Indonesia. Sementara di segmen mobil penumpang — dimana semua produk Honda berada —  Honda kini telah menempati urutan kedua.

“Secara umum, penjualan retail otomotif di Indonesia pada tahun 2015 mengalami penurunan sebesar 13%, namun Honda berhasil mencapai peningkatan penjualan karena didukung produk-produk yang segar dan dapat diterima baik oleh konsumen. Tak hanya itu, penjualan retail Honda yang lebih tinggi dibandingkan dengan penjualan wholesales menunjukkan stock level Honda dalam kondisi sehat dan terkontrol dengan baik di seluruh wilayah Indonesia,“ ungkap Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM).

Honda Mobilio

Secara wholesales, Honda tercatat meraih penjualan sebesar 159.253 unit di sepanjang tahun 2015, dengan pangsa pasar 15,7% dari total industri otomotif di Indonesia. Penyumbang penjualan terbesar tahun 2015 untuk Honda datang dari Honda Mobilio yang tercatat sebanyak 48.927 unit di sepanjang tahun, dengan market share sebesar 18% di segmen LMPV. Hingga akhir Desember lalu, Honda Mobilio menempati posisi kedua di segmen LMPV.

Honda HR-V

Sementara Honda HR-V berhasil mencatat angka penjualan yang baik sepanjang tahun 2015 lalu, dengan total penjualan 36.425 unit di seluruh Indonesia. Honda HR-V varian 1.5L menyumbang penjualan terbesar dengan 28.897 unit dan berhasil memimpin pasar segmen LSUV dengan market share sebesar 39% di kelasnya. Sementara Honda HR-V varian 1.8L meraih total penjualan 7.528 unit dan memperoleh pangsa pasar 14% di segmen SUV.

Honda Brio Satya

Produk dengan penjualan tertinggi berikutnya diraih oleh Honda Brio Satya dengan total penjualan 31.672 unit di seluruh Indonesia dan meraih pangsa pasar 19% di segmen LCGC. Penjualan Honda Brio Satya meningkat 23% dibanding dengan total penjualan tahun 2014. Sementara di segmen City Car, New Honda Brio menyumbangkan penjualan sebesar 11.754 unit sepanjang tahun 2015 lalu. New Honda Brio meraih pangsa pasar 33% dan sekaligus menjadi market leader di segmen City Car.

Honda Jazz

Honda Jazz juga menunjukkan penjualan yang konsisten hingga menjadi market leader di segmen Hatchback. Di sepanjang tahun 2015, Honda Jazz mencatat angka penjualan sebesar 19.005 unit dan memperoleh pangsa pasar sebesar 40% di kelasnya.

Honda CR-V

Sementara itu, produk-produk Honda lainnya turut berkontribusi positif terhadap penjualan Honda di sepanjang tahun 2015 yang lalu. Honda CR-V terjual 10.463 unit dengan pangsa pasar sebesar 19% di segmen SUV, Honda Freed terjual sebanyak 4.319 unit dengan pangsa pasar 7% di segmen MPV, dan Honda Odyssey terjual sebanyak 340 unit dengan pangsa pasar 4% di segmen Upper MPV.

Honda City

Dari kelas sedan juga menyumbang penjualan yang konsisten sepanjang tahun 2015, Honda City misalnya, terjual sebanyak 1.865 unit sehingga memimpin pasar segmen Mini Sedan dengan  pangsa pasar 54%. Honda Civic meraih total penjualan 842 unit dengan pangsa pasar 40% di segmen Small Sedan, Honda Accord terjual sebanyak 510 unit dengan pangsa pasar 12% di segmen Medium Sedan, dan Honda CR-Z masih menjadi market leader di segmen Sport Sedan dengan penjualan sebanyak 136 unit dan pangsa pasar mencapai 47%.

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga

TAG


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *